BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

Ikan Hias Jadi Potensi Peningkatan Ekonomi Warga Pulau Panggang

Potensi di Kepulauan Seribu memberikan banyak keuntungan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, hal inilah yang dirasakan Ali Rahman (34) warga Pulau Panggang.

Bapak dua orang anak, warga RT 01/02 Kelurahan Pulau Panggang ini, menekuni penjualan ikan hias yang biasa dipasarkan di Jalan Sumenep, Menteng Jakarta Pusat.

"Dalam seminggu, penghasilan rata-rata dari menjual ikan hias yang saya kirim ke Jalan Sumenep, Menteng Jakarta Pusat bisa mencapai Rp 4 juta," ujar Ali yang tergabung dalam Perhimpunan Nelayan, Pedagang Ikan dan Tanaman Hias (Pernitas) Kepulauan Seribu, Sabtu (23/02/2019).

Ali mengatakan, saat cuaca baik, berbagai jenis dan ukuran ikan hias laut tersebut, didapat dari perairan di sekitar Pulau Pari, Pulau Payung dan Pulau Tidung. Bahkan juga bisa didapat diperairan Pulau Panggang.

"Jenis yang paling disukai adalah ikan clownfish. Dengan harga bervariasi sesuai ukuran, dari mulai Rp 7-15 ribu per ekor," katanya.

Sementara berbagai jenis ikan hias yang banya diminati dan memiliki permintaan cukup tinggi dipasaran di antaranya, ikan Polita, GP Moris, GP Panah, Jae-jae, Blue Star, Belony, Tangkur MP, Mutiara dan Keling Ijo.

"Kami kumpulkan hasil tangkap para nelayan secara tradisional agar tidak merusak karang dan setelah terkumpul satu minggu baru kita kirim ke Kali Adem," tambah Ali.

 

 

 

 

Reporter : Saeful Bahri