BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

RPTRA Tidung Ceria Miliki Replika Peta Indonesia dari Ecobrick

Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan membuat peta Indonesia dari ecobrick di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tidung Ceria.

Lurah Pulau Tidung, Cecep Suryadi mengatakan, peta Indonesia dari ecobrick merupakan hasil karya warga, murid sekolah, PJLP, PPSU dan pengelola RPTRA yang disusun sedemikian rupa membentuk Peta wilayah Indonesia.

"Pembuatan peta dilakukan pada 9 Maret, dengan luas 6 x 3 meter, menggunakan ecobrick seberat 300 gram yang terdiri dari botol minuman ukuran 600 ml, dan menghabiskan sebanyak 921 buah ecobrick," ujar Cecep Suryadi, Rabu (27/03/2019). 

Dikatakan Cecep, kegiatan ini dimanfaatkan untuk mengurangi sampah yang ada di Pulau Tidung dan diharapkan warga akan terus membuat ecobrick dengan memanfaatkan sampah plastik.

"Melalui gerakan ini, mudah-mudahan upaya mengurangi sampah plastik dan menjadikan Pulau Tidung bebas sampah plastik dapat terlaksana," tandasnya. 

Ecobrick adalah botol plastik yang dikemas melalui plastik dengan kepadatan tertentu untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Ecobrick digunakan untuk membuat furnitur modular, ruang taman, dan bangunan skala penuh seperti sekolah dan rumah.

 

 

 

Reporter : Zaini  Miftah