BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

Kelurahan Pulau Tidung Manfaatkan Daun Kelor Sebagai Teh

Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan memanfaatkan daun kelor yang pohonnya banyak tumbuh di wilayah Pulau Tidung untuk dijadikan daun teh.

Ketua TP PKK Kelurahan Pulau Tidung, Erika Rahmawati Sudirdja mengatakan, daun kelor dimanfaatkan sebagai teh karena konon memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan.

"Caranya dijemur, cara kedua yaitu daun kelor dicuci bersih lalu ditiriskan hingga kering setelah kering, disangrai dengan wajan tanah lalu diaduk-aduk hingga kering dan wangi," ujar Erika, Jumat (29/03/2019).

Dikatakan Erika, rencananya teh daun kelor akan diproduksi lebih banyak lagi dan dikemas agar menghasilkan pendapatan bagi anggotanya.

“Teh daun kelor itu hanya untuk konsumsi sendiri bagi anggota PKK serta untuk tamu RPTRA dan tamu kelurahan saja,” tambahnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Tidung, Cecep Suryadi mengatakan, banyaknya pohon kelor di Pulau Tidung merupakan hasil budidaya Rumah Bibit Pulau Tidung dengan cara distek.

"Kita ingin pohon kelor ini tidak hanya ditanam untuk penghijauan tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi," tandasnya.

 

 

 

 

Reporter : Zaini Miftah