11 Pulau Pemukiman Akan Dipasangkan Disaster Warning System

Kominfomas 1000 | Senin, 03 Agu 2015 - 15:00:09 WIB | dibaca : 539 kali
 >
( )

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Administrasi Kepulauan Seribu akan memasang alat sistem peringatan bencana (Disaster Warning System) di 11 pulau pemukiman Kepulauan Seribu. Hal itu dilakukan sebagai persiapan penangggulangan peringatan musim angin.

Alden Samodro, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Kantor Penganggulangan Bencana Kepulauan Seribu mengatakan, alat sistem peringatan bencana merupakan hibah dari Japan Radio Company (JRC). Alat tersebut akan dilengkapi sirine dan pengeras suara yang fungsinya adalah menginformasikan segala hal yang berkaitan tentang keadaan kondisi cuaca di Pulau Seribu.

"Alat sistem peringatan bencana nantinya akan menginformasikan segala hal yang berkaitan tentang ketinggian permukaan air laut, ketinggian ombak dan semua kondisi cuaca di Pulau Seribu,”kata Alden.

Ia mengatakan, saat ada cuaca yang kondisinya buruk, warga akan langsung diinformasikan melalui alat itu agar mereka dapat mempersiapkan diri.

Sementara itu, Gufron, Engineer Telekomunikasi JRC (Japan Radio Company) menjelaskan, pihaknya akan memasang alat Disaster Warning System dengan memanfaatkan sinyal frekwensi Radio Kepulauan Seribu (RKS FM) untuk penyambungan sistemya.
"Ini sebagai contoh saja frekwensi ini bisa di pakai atau tidak dengan alat kita. Untuk contohnya, sementara memakai alat yang namanya Radio Resifer. Selanjutnya kedepan, jika berhasil nantinya akan memakai alat yang lebih canggih,”pungkasnya.
 



Reporter : Ahmad Zarkasih / age

Share