8 Pulau di Kepulauan Seribu Hilang Timbul

Kominfomas 1000 | Selasa, 16 Des 2014 - 23:04:52 WIB | dibaca : 3233 kali
 >
( )

Sebanyak delapan pulau di Kepulauan Seribu dikabarkan menghilang. Namun hilangnya delapan pulau itu masih simpang siur. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, hilangnya pulau-pulau tersebut disebabkan karena faktor alam.

"Pulau-pulau itu kalau lagi pasang (air lautnya) hilang kan begitu, enggak pasang ada lagi tuh (pulaunya)," ujar Ahok di Balaikota Jakarta Pusat, Selasa (16/12/2014).

Menurutnya, pihak Pemprov DKI Jakarta masih berupaya agar beberapa pulau yang hilang tersebut bisa diekplorasi lagi agar bisa tetap terjaga. Salah satunya dengan cara mendorong adanya pembangunan resort wisata di pulau-pulau tersebut.

"Makanya kita lagi mau dorong para pengusaha (di pulau-pulau yang suka hilang itu). Suruh pengusaha bikin resort saja di sana, kerjasama. Reklamasi balik, dilebarkan jadi bikin resort," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Abraham Lunggana atau Haji Lulung menyebut selama satu tahun ini sudah ada delapan pulau di Kepulauan Seribu yang hilang.

Penyebab hilangnya pulau itu diduga karena adanya pengerukan ilegal. Namun pihak lain menyebut hilangnya pulau-pulau tersebut disebabkan faktor alam yakni karena abrasi atau pengikisan daratan oleh air laut.

"Sampai saat ini, pemprov belum bisa menjelaskan kenapa aset itu hilang secara tiba-tiba dalam jangka waktu setahun,’’ kata Lulung di Gedung DPRD DKI.

Lulung meminta pemprov segera menelusuri penyebab hilangnya delapan pulau tersebut. Setelah hasilnya diketahui, pemprov harus menjelaskan secara terbuka kepada publik.

Lulung menduga, delapan pulau tersebut hilang karena beberapa faktor. Di antaranya, fenomena alam, pengerukan pasir ilegal, penjualan pulau secara ilegal, dan penambangan liar.


Sumber : harianterbit.com / ZM
 

Share