Pemkab Akan Berlakukan SOP Keberangkatan Kapal Dinas

Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan 1000 | Kamis, 27 Jul 2017 - 19:35:25 WIB | dibaca : 716 kali
 >Foto : Saeful Bahri
( Foto : Saeful Bahri)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Administrasi Kepulauan Seribu akan memberlakukan standar operasional prosedur (SOP) keberangkatan kapal dinas yang hendak berlayar dari Pulau Seribu maupun Marina Ancol.

“Tujuannya agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang,” ujar Bupati Kepulauan Seribu, Irmansyah, Kamis (27/07/2017).

Menurut Irmansyah, sebaiknya keberangkatan kapal dinas di mulai dengan pemberitahuan tujuan, jarak tempuh, memperkenalkan awak kapal dan tempat alat keselamatan atau life jacket.

“Sebelum kapal berangkat diawali dengan berdoa bersama, meminta keselamatan kepada yang maha kuasa, dipimpin oleh salah seorang awak atau penumpang,” terangnya.

Ditambahkannya, sebagai pilot project kabupaten yang mengawali, nantinya akan diberlakukan keseluruh kapal tradisional (kapal ojek) dan kapal-kapal regular.

“Saat berlayar salah satu awak kapal memandu dan menjelaskan nama-nama pulau yang dilewati karena tidak semua tamu atau pegawai tahu nama-nama pulau di wilayah Kepulauan Seribu,” terangnya.

 

 

 

Reporter : Saeful Bahri
Editor      : Zaini Miftah

Share