Sudin KPKP Akan Bangun Penjemuran Ikan Asin Untuk Nelayan

Kominfomas 1000 | Kamis, 08 Jun 2017 - 12:38:32 WIB | dibaca : 69 kali
 >Foto : Saeful Bahri
( Foto : Saeful Bahri)

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu dalam waktu dekat akan membangun tempat penjemuran ikan asin yang lebih modern untuk nelayan Pulau Sebira.

"Kita kombinasikan dengan programnya Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang), karena mereka akan menumbuhkan pusat industri olahan ikan asin sebagai program unggulannya Pak Bupati," ujar Sutrisno Kasudin KPKP Kepulauan Seribu, Kamis (08/06/2017).

Ia mengatakan, komunditi ikan asin selar Pulau Sebira sudah terkenal dan kita akan membuat pilot project sebuah unit usaha pengolahan industri dengan sentuhan teknologi.

"Selama ini, mereka menjemur ikan mengandalkan matahari, kedepan untuk mempercepat proses produksi kita akan coba kembangkan suatu alat supaya bisa mengeringkan meski tidak ada matahari," katanya.

Dalam waktu dekat akan duduk bersama membahas pailot project tersebut. Sebab, hingga saat ini Pulau Sebira dengan luas 8,82 hektar belum memilki master plan sebagi acuan untuk proses penataan lahan mana yang akan digunakan.

"Kita akan coba koordinasi dengan Sudin Cipta Tata Karya (Citata) dan kita berharap kedepan tingkat perekonomian dan kesejahteraan warga Pulau Sebira meningkat," tandasnya.

 

 

Reporter : Saeful Bahri
Editor      : Zaini Miftah

Share