image 1

Tidung

Cegah Penyakit DBD, Masyarakat Kepulauan Seribu Diminta Lakukan PSN

Kategori | Pemberdayaan Dan Kesehatan
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 28 Mar 2024
Dilihat | 64x


Meningkatnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), diharapkan menjadi perhatian seluruh masyarakat, termasuk di wilayah Kepulauan Seribu.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, dr. Murniasi Hutapea, MPH meminta kepada masyarakat untuk menerapkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) demi mencegah penyakit DBD.

“Penerapan PSN penting dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar, baik tingkat RT dan RW. Peningkatan kesadaran masyarakat juga untuk melakukan jumantik mandiri melalui pelaksanaan pemeriksaan jentik di lingkungan rumah sendiri sepekan 2 kali, sehingga terhindar dari penyakit DBD,” kata Murniasi, Kamis (28/03/2024).

Penyakit DBD adalah penyakit yang diakibatkan oleh adanya gigitan nyamuk Aedes aegypti, yang kerap ada saat musim hujan di daerah tropis atau subtropis.

Hal ini dikarenakan genangan air yang ada pada lubang atau barang-barang bekas akibat hujan menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Berbagai langkah pencegahan dapat menghambat atau menghentikan perkembangbiakan nyamuk di sekitar lingkungan.

“Penerapkan 3M Plus di lingkungan masing-masing juga penting untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk,” ucap Murniasi.

Langkah 3M Plus, yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat-tempat penampungan air, mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus DBD pada manusia. Sedangkan pada poin Plus antara lain menanam tanaman yang dapat menangkal nyamuk, memeriksa tempat-tempat yang digunakan untuk penampungan air, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi yang ada di rumah, melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan secara bersama, meletakkan pakaian yang telah digunakan dalam wadah yang tertutup, memberikan larvasida pada penampungan air yang susah untuk dikuras dan memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar.

“Kita juga minta kelurahan dan kecamatan untuk menerapkan 3M Plus di lingkungannya,” tambah Murniasi.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Cegah Penyakit DBD, Masyarakat Kepulauan Seribu Diminta Lakukan PSN" ?