image 1

Tidung

Petugas Sudin SDA Kepulauan Seribu Membangun Saluran Drainase di Pulau Pramuka

Kategori | Lintas Pulau
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 18 Apr 2024
Dilihat | 52x


Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kepulauan Seribu, membangun saluran drainase di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Kepala Sudin SDA Kepulauan Seribu, Hendri mengatakan pembangunan tersebut merupakan tindak lanjut dari usulan warga saat rembuk RW, karena genangan kerap terjadi saat hujan dengan intensitas tinggi.

"Kami kerahkan delapan personel untuk membangun saluran drainase bawah tanah dan dua bak sumur resapan. Pengerjaan dimulai sejak 17 April kemarin dan ditargetkan rampung akhir bulan ini," ujarnya, Kamis (18/04/2024).

Hendri menjelaskan, masing-masing sumur resapan tersebut memiliki panjang dan lebar 40 sentimeter dengan kedalaman 50 sentimeter. Sumur resapan ini saling terhubung antara bak satu dengan bak lainnya, menggunakan pipa paralon berukuran empat inci, sehingga total panjang saluran drainase mencapai 100 meter.

"Hari pertama kita lakukan penggalian terlebih dahulu untuk bak sumur resapannya. Kemudian, dihubungkan dengan paralon dan nantinya bak sumur ini akan ditutup secara manual," terangnya.

Dikatakan Hendri, saluran drainase bawah tanah dan bak sumur resapan berfungsi untuk mengalirkan air limpasan dan genangan di permukaan. Sekaligus, menciptakan lingkungan yang lebih rapi karena tidak ada pipa saluran terlihat dari luar.

"Mudah-mudahan dengan adanya sumur resapan baru ini dapat membuat area jalan dan permukiman bebas genangan," harapnya.

Sementara itu, LMK RW 04, Kelurahan Pulau Panggang, Ramli menyambut baik dan merasa senang karena usulan langsung warganya kini tengah dikerjakan. Diharapkan penambahan bak sumur resapan dan saluran drainase dapat mempercepat resapan air hujan.

"Semoga pembangunan tersebut cepat rampung, dengan begitu saluran drainase ini dapat berfungsi optimal. Bahkan, bak sumur resapan juga mempunyai fungsi sebagai cadangan air tanah," tandasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Petugas Sudin SDA Kepulauan Seribu Membangun Saluran Drainase di Pulau Pramuka" ?