image 1

Tidung

Kelurahan Pulau Untung Jawa Dukung Pengolahan Sampah Rumah Tangga

Kategori | Lintas Pulau
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 02 May 2024
Dilihat | 46x


Kelurahan Pulau Untung bersama OceanKita, menyelenggarakan Workshop Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembuatan Sabun Pencuci Piring Secara Mandiri di RPTRA Amiterdam Pulau Untung Jawa, Kamis (02/05/2024).

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk edukasi & workshop bersama trainer yang ahli pada pengolahan sampah. Program ini diberikan kepada masyarakat Kepulauan Untung Jawa melalui perwakilan setiap RW, yang nantinya berdiskusi terkait sampah laut, serta ikut serta dalam praktik pembuatan ecoenzyme.

Tercatat, dalam kegiatan ini melibatkan perwakilan RT/RW, warga Pulau Untung Jawa, pengelola RPTRA, petugas BPS dan lainnya, turut menghadirkan narasumber dari Divers clean action

Menurut Lurah Pulau Untung Jawa, Sidartawan, pihaknya bersama OceanKita berkomitmen untuk mengurangi sampah di perairan, dengan pengumpulan sampah laut dan pengolahan sampah plastik.

"Salah satu program yang kami jalankan ialah Seribu Biru," katanya.

Sidartawan menjelaskan, program Seribu Biru. merupakan program komprehensif dan holistik untuk pengumpulan sampah di perairan lepas pantai, dengan menggunakan Trawl-net yang ditarik dengan perahu bermesin listrik ramah lingkungan dan rendah karbon.

"Dalam kegiatan ini melibatkan tim lokal, pemilahan, pengolahan sampah, program edukasi & workshop peningkatan kesadaran tentang sampah laut dan juga pengelolaannya, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam gerakan pengumpulan dan pengelolaan sampah," jelasnya.

Sidartawan menilai, dengan adanya kegiatan ini menambah keterampilan masyarakat dalam pembuatan sabun pencuci piring, sabun cuci pakaian dan keperluan kebersihan rumah tangga lainnya dari sampah sayuran dan buah...sehingga mengurangi sampah dan mengurangi pengeluaran untuk pembelian kebutuhan pembersih secara alami.

"Harapannya semoga ilmu dan keterampilan ini tetap dikembangkan oleh masyarakat," tambahnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kelurahan Pulau Untung Jawa Dukung Pengolahan Sampah Rumah Tangga" ?