image 1

Tidung

Sudin Nakertransgi Kepulauan Seribu Selenggarakan Pelatihan Operator Komputer

Kategori | Kesejahteraan Masyarakat
Reporter | Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu
Tanggal | 23 Apr 2024
Dilihat | 420x


Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi (Sudin Nakertransgi) Kepulauan Seribu, menyelenggarakan pelatihan kejuruan Operator Komputer angkatan pertama di Ruang Pola Kantor Kabupaten Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Kepala Sudin Nakertransgi Kepulauan Seribu, Zahrul Wildan mengatakan, pelatihan ini untuk menambah skill peserta dalam mengoperasikan komputer, mengingat perkembangan zaman peran IT sangatlah penting, sehingga skill ini sangat diperlukan dalam melamar pekerjaan.

"Pelatihan ini diikuti 10 orang pencari kerja dari Pulau Pramuka dan Pulau Panggang, dengan jumlah instruktur dua orang. Semoga dengan kegiatan ini, para peserta mendapat pekerjaan baru," ujar Wildan, Selasa (23/04/2024).

Wildan menjelaskan, peserta mengikuti kegiatan ini selama 20 hari dan dua hari untuk uji kompetensi. Anggaran pelatihan ini menggunakan dana APBD DKI Jakarta, nantinya para peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat keahlian dari BNSP dan sertifikat pelatihan dari Sudin Nakertransgi Kepulauan Seribu.

"Selain itu, peserta juga dibantu untuk membuat akun dan menggunakan aplikasi SIAP Kerja, di mana aplikasi ini merupakan milik Kemnaker RI yang akan membantu peserta untuk mencari pekerjaan, menambah pelatihan, sertifikasi maupun kewirausahaan," ucapnya.

Wildan menjelaskan, pelatihan kejuruan di Kepulauan Seribu tidak hanya difokuskan pada bidang komputer, tahun ini masih ada pelatihan Bahasa Inggris dan Teknik Pendingin dan pelatihan kolaborasi las bawah air dengan PPKPL Condet.

"Jadwal pelatihan berikutnya masih menunggu waktunya. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menurunkan tingkat pengangguran dan menambah keahlian bagi warga di Kepulauan Seribu," harapnya.

Sementara itu, salah satu peserta, warga Pulau Panggang, Eep Saefulloh (20) mengaku senang bisa mengikuti pelatihan yang diselenggarakan secara gratis dan mendapatkan sertifikat kejuruan.
 
"Saya akan mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, agar nantinya saya bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah dan cepat," pungkasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Sudin Nakertransgi Kepulauan Seribu Selenggarakan Pelatihan Operator Komputer" ?