BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

Permudah Komunikasi, Bupati Kepulauan Seribu Libatkan RAPI

Bupati Kepulauan Seribu, Irmansyah sangat serius dalam mencari solusi kemudahan komunikasi bagi para nelayan yang ada di pulau-pulau, salah satunya dengan menggandeng Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI).

Irmansyah menilai kehadiran RAPI akan bisa memudahkan komunikasi antar nelayan yang selama ini kerap terkendala, karena berbagai masalah mulai dari sinyal seluler hingga gangguan operator telekomunikasi yang ada.

“Komunikasi memang sangat diperlukan para nelayan, karena wilayah Kepulauan Seribu tersebar luas bahkan ada yang bejauhan seperti Pulau Sebira, tentunya penggunaan komunikasi melalui radio bisa menjadi kemudahan, apalagi melalui sinyal radio sangat mudah dan tidak ada kendala atau halangan,” tutur Irmansyah saat melakukan audiensi dengan RAPI di Gedung Mitra Praja, Jakarta, Senin (12/02/2018).

Seperti diketahui RAPI adalah sebuah organisasi sosial nirlaba di Indonesia yang anggotanya memiliki perangkat radio komunikasi, dan hanya anggota RAPI yang bisa menggunakan jaringan frekuensi untuk berkomunikasi.

Rencananya RAPI akan dilibatkan dalam mempersiapkan semua kebutuhan stasiun yang akan dibangun, serta jaringan sinyal di setiap Kelurahan dan Kecamatan Kepulauan Seribu.

“Untuk menjaga komunikasi dari masyarakat setempat ke pihak luar, maka RAPI sangat membantu. Kita harapkan mereka segera mempersiapkan proposal untuk proses kerjasama ini, sehingga masyarakat dan nelayan di pulau bisa segera menggunakannya,” jelas Irmansyah.

Nantinya, lanjut Irmansyah, pihaknya akan masukkan program kerja penyiapan stasiun radio kedalam Perubahan Anggaran Dasar tahun 2018 sehingga bisa segera dibangun dan disiapkan agar masyarakat pulau bisa dimanfaatkan.

 

 

 

 

 

 

Reporter : Petrus A