BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

Resahkan Warga Pulau Tidung, Gulkarmat Evakuasi Sarang Tawon

Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) sektor 8 Pulau Tidung, berhasil mengevakuasi sarang tawon di salah satu rumah warga RT 002/03 Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan.

Kepala Sektor 8 Pulau Tidung, Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Eko Mahendro mengatakan, evakuasi dilakukan atas laporan warga yang resah akibat keberadaan sarang tawon berdiameter 35 centimeter di belakang atap rumah Aseng (45).

"Kami kerahkan empat personel untuk evakuasi sarang tawon. Warga resah karena setiap hari tawon berkeliaran dan masuk ke rumah warga," ujar Eko, Selasa (13/02/2018).

Eko menjelaskan, petugas sempat kesulitan menjangkau sarang tawon lantaran berada di atas plafon, sehingga membuat proses evakuasi memakan waktu yang cukup lama, yaitu sejak pukul 20.40 WIB hingga 21.50 WIB Senin malam.

"Dalam evakuasi yang dilakukan, petugas pertama kali menyemprot sarang tawon menggunakan obat pembasmi serangga demi melumpuhkan tawon di dalam sarang agar mati atau lemas dan tidak menyerang petugas. Setelah itu petugas langsung memotong akar sarang tawon menggunakan golok dan memasukannya ke dalam karung. Saat ini kondisi sudah kembali kondusif dan warga sudah nyaman untuk beraktifitas," pungkas Eko.

 

 

 

 

 

Reporter : Saeful Bahri