BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

Konsep

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sangat serius mempersiapkan konsep Digital Island yang akan diterapkan di wilayah Jakarta Kepulauan Seribu, khususnya di Pulau Tidung pada tahun 2018.

Menurut Staf Wakil Gubernur DKI Jakarta, Budi Utomo menjelaskan bahwa konsep digital island menjadi salah satu cara dari Pemprov DKI Jakarta untuk mendorong pengembangan di Jakarta Kepulauan Seribu yang dikenal banyak memiliki potensi.

“Pemprov DKI Jakarta melihat bahwa Jakarta Kepulauan Seribu bisa menjadi salah satu tempat yang dikembangkan, tidak hanya dari segi kunjungan wisatawan lokal, atau wisatawan mancanegara, namun juga bagi masyarakat sekitar, apalagi perkembangan teknologi tidak bisa dikesampingkan, untuk itulah kita siapkan konsep digital island,” kata Budi Utomo di Jakarta, Selasa (13/02/2018).

Seperti diketahui, sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno ingin mengembangkan potensi Kepulauan Seribu menjadi wilayah digital island dimana dengan konsep itu diharapkan akan mendapatkan banyak keuntungan, tidak hanya dari sisi fasilitas komunikasi, namun juga membantu dalam pengembangan pariwisata setempat.

Rencananya konsep tersebut akan diluncurkan di beberapa wilayah Kepulauan Seribu, seperti Pulau Tidung, Pulau Panggang, Pulau Pramuka karena pulau-pulau tersebut menjadi destinasi wisata, namun Pulau Tidung akan menjadi proyek awal.

Budi menjelaskan bahwa digital island menggunakan layanan IT untuk setiap transaksi kegiatan, khususnya ekonomi untuk semua pembayaran, serta juga pemberian informasi home stay, serta informasi lainnya untuk kebutuhan di Kepulauan Seribu.

“Jadi semua akan melibatkan layanan IT, seperti  e-ticketing serta pembayaran lainnya, tidak hanya itu nantinya para wisawatan juga diberi kemudahan dengan informasi melalui layanan IT tersebut,” jelas Budi.

Nantinya dalam persiapan pelaksanaan konsep tersebut akan melibatkan pihak operator telekomunikasi, telkomsel untuk bekerjasama menyiapkan konsep tersebut, dan ditargetkan akan mulai dijalankan pada tahun ini.

“Tapi ini semua tidak akan berjalan lancar tanpa adanya komitmen pihak yang ada dilapangan untuk ikut membantu mensukseskan digital island,” tambah Budi.

 

 

 

 

 

 

Reporter : Petrus A