BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

Tiga Cara Pemprov DKI Jakarta Jadikan Kepulauan Seribu Etalase Terdepan Ibu Kota

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus menjaga komitmennya menjadikan Kepulauan Seribu bersama Teluk Jakarta sebagai etalase terdepan Ibu Kota yang bersih dari sampah.

Berdasarkan data statistik yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta, produksi sampah Jakarta mencapai 7.000 ton per hari, termasuk Kepulauan Seribu. Jumlah tersebut merupakan 4% dari produksi sampah nasional.

Untuk itulah saat ini Pemprov DKI Jakarta sedang melakukan penataan dan menyiapkan tiga hal dalam membersihkan Kepulauan Seribu yang memiliki potensi wisata bahari bebas dari sampah.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, pihaknya menyiapkan tiga hal untuk membersihkan Kepulauan Seribu serta Teluk Jakarta, yaitu kolaborasi, edukasi, dan aksi.

Kolaborasi, yaitu memadukan langkah ke depan dengan konsep 4P, yakni public, private, people, partnership. Dirinya ingin melibatkan masyarakat sipil untuk masuk membersihkan Teluk Jakarta. Bukan hanya Pemprov DKI Jakarta, melainkan juga pemerintah daerah mitra melalui Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP). Termasuk pemerintah pusat, mengingat 13 sungai di Jakarta milik pemerintah pusat.

Sementara edukasi, yakni bukan hanya bagi penduduk Kepulauan Seribu, melainkan juga seluruh penduduk yang ada di daratan. Artinya, masyarakat harus dididik bagaimana mengelola sampah di rumah masing-masing.

Terakhir adalah aksi, yaitu dilakukan percepatan yang keberpihakan, dimana perlu dukungan anggaran pada tahun 2019, sehingga adil dari sisi anggaran, dan bisa memberikan dampak.

 

 

 

Reporter : Petrus A