BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

Subsidi Kapal Kepulauan Seribu Dukung Program Pangan Murah

Kehadiran tambahan kapal kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jakarta Kepulauan Seribu ditujukan untuk memfasilitasi program subsidi pangan hingga ke Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Seribu Utara.

Menurut Kepala Unit Pengelola Angkutan Perairan dan Kepelabuhan (UP-APK) Dinas Perhubungan Kepulauan Seribu, M Faris Budiman, mengaku bahwa kehadiran kapal tersebut akan membantu kerja yang akan dilakukan unitnya, mengingat selama ini kapal sangat sulit menuju ke Pulau Sebira.

“Tentunya subsidi kapal dari Kementrian Perhubungan ini sangat bermanfaat untuk kami semua di Pemkab Jakarta Kepulauan Seribu dalam menjalankan program, termasuk program subsidi pangan,” tutur Faris, Jumat (16/03/2018).

Seperti diketahui Kementerian Perhubungan memberikan satu unit kapal kayu yang akan ditujukan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, untuk diserahkan kepada Pemkab Jakarta Kepulauan Seribu.

Pemberian kapal tersebut bagian dari program Kementrian Perhubungan yang akan diserahkan di beberapa wilayah di Indonesia, dan salah satunya kepada Pemprov DKI Jakarta. Kapal ini sendiri terbuat dari kayu yang diproduksi di Indonesia dan ditujukan untuk melayani pengangkutan penumpang dan barang di wilayah Kepulauan Seribu. 

Rencananya kapal yang memiliki muatan 20 orang dan barang sebanyak 200 ton ini baru bisa dioperasikan pada April mendatang, karena saat ini tengah dalam proses penyerahan ke Pemkab Jakarta Kepulauan Seribu.

“April bisa digunakan, saat ini proses serah terima saja. Selain akan dimanfaatkan untuk program pangan murah, kapal ini juga untuk memfasilitasi distribusi pangan, sehingga penyamaan harga darat dan pulau tidak jauh. Kita targetkan kapal ini bisa sampe ke Pulau Sebira yang saat ini mengalami banyak masalah itu,” jelas Faris.

 

 

 

 

Reporter: Petrus A