BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

Kepulauan Seribu Jadi Pilot Project Pusdatin Jaminsos DKI Jakarta

Langkah cepat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu dalam pemanfaatan teknologi, ternyata menjadi perhatian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengembangkan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin).

Nantinya Pusdatin tersebut akan dimanfaatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam pemberian Jaminan Sosial (Jaminsos) agar tepat sasaran.

Menurut Sekretaris Dinas Sosial DKI Jakarta, Dr. Mariana, M.Si saat melakukan rapat Pengembangan Pusdatin Jaminsos bersama Sekkab Kepulauan Seribu, Eric P Lumbun dan beserta jajaran ASN Pemkab Kepulauan Seribu di Gedung Mitra Praja, Jakarta, Rabu (26/09/2018) mengaku, Pemkab Kepulauan Seribu sudah memiliki pengalaman dalam menjalankan teknologi berbasis data, sehingga layak dikembangkan.

“Pemkab Kepulauan Seribu dipilih sebagai Pilot Project karena sudah memulai teknologi ini, serta sudah ada systemnya, sehingga kita kembangkan. Tentunya ini akan menjadi langkah nyata untuk mewujudkan Pengembangan Pusdatin Jaminsos,” kata Dr. Mariana, M.Si.

Seperti diketahui, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berinisiasi ingin membuat Unit Pelaksana Tugas (UPT) Data Provinsi DKI Jakarta, dan menunjuk Dinas Sosial DKI Jakarta untuk membuat UPT Pusdatin Jaminsos.

“Ini dilakukan agar basis data terpadu untuk mereka yang mendapatkan bantuan sosial bisa tepat sasaran, tepat waktu pelaksanaan, akuntabel, dan berkesinambungan,” tutur Mariana.

Dalam persiapan ini, nantinya Dinas Sosial DKI Jakarta akan bekerjasama dengan Yayasan Kampung Teknologi dan Microsoft untuk memberikan materi bimbingan teknis kepada Petugas Caca Lapangan yang akan melibatkan 150 orang diseluruh DKI Jakarta, sedangan di Kepulauan Seribu akan melibatkan 20 orang.

Proses Bimbingan teknis sendiri akan dilakukan pada 8-11 Oktober, khusus di Kepulauan Seribu akan dilakukan pada 11 Oktober di Pulau Pramuka, dan uji coba akan dilakukan pada 24-25 Oktober di Pulau Kelapa, Harapan, Tidung dan Untung Jawa.

“Pada prinsipnya Pemkab Kepulauan Seribu sangat mendukung program ini, dan kami sangat terbantukan. Apalagi Kepulauan Seribu akan menjadi Pilot Project untuk lima Pemerintah Kota DKI Jakarta pada 2019 mendatang,” tutur Sekkab Kepulauan Seribu, Eric Lumbun.

 

 

 

 

Reporter: Petrus A