BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

Sudin PPAPP Wujudkan Kegiatan PUG

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu melalui Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) menggelar kegiatan Pengarusutamaan Gender (PUG) bagi Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) di Gedung Mitra Praja, Sunter Jakarta Utara, Selasa (09/10/2018). 

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu mendukung adanya pelatihan PUG melalui perencanaan penganggaran responsif gender di tingkat Kabupaten. 

"Ini adalah salah satu strategis yang dilakukan secara sistematis untuk mencapai dan mewujudkan suatu tujuan melalui kebijakan, regulasi maupun program," pungkas Junaedi. 

Pengarusutamaan gender atau disingkat PUG adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistimatis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia (rumah tangga, masyarakat dan negara), melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan.

Sementara itu, Kepala Sudin PPAPP Kepulauan Seribu, Poltak Munthe menuturkan, kegiatan tersebut bersifat responsif gender, dimana penganggaran dapat mengakomodir untuk kebutuhan-kebutuhan perempuan dan anak-anak di Kabupaten Kepulauan Seribu. 

"Kita libatkan UKPD maupun Lurah dan Camat agar bisa mengusulkan anggaran supaya dilapangan lebih responsif lagi serta mensosialisasikan soal Pengarusutamaan Gender," ujar Poltak.

 

 

 

 

Reporter : Zaini Miftah