BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

PCL Kelurahan Kepulauan Seribu Mendapatkan Bimtek

Dinas Sosial DKI Jakarta menghelatkan Bimbingan Teknis dan Pelatihan Instrumen bagi para Petugas Cacah Lapangan (PCL) pada setiap kelurahan di Kepulauan Seribu.

Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk pengembangan Pusat Data Informasi (Pusdatin) Jaminan Sosial di wilayah Kepulauan Seribu.

"Kegiatan ini salah satu agenda dari beberapa agenda yang akan dilakukan untuk mendapatkan basis data terpadu (BDT-red) daerah," ujar Mariana, Sekertaris Dinas Sosial DKI Jakarta di Pulau Pramuka, Kamis (11/10/2018).

Mariana menjelaskan, BDT ini disahkan oleh Kementerian Sosial untuk pendataan fakir miskin, sehingga Dinas Sosial mendapat amanah dari Gubernur DKI Jakarta untuk membentuk sebuah UPT yang disebut dengan Pusdatin Jaminan Sosial, dimana nantinya akan terintegrasikan dalam rangka program-program kemiskinan.

"Yang sudah berlaku adalah Kartu Lansia Jakarta, Kartu Jakarta Pintar dan KJMU," terangnya.

Kedepan UPT ini akan melakukan pendataan verifalidata, dan juga yang akan memberikan, memproses mekanisme bantuan sosial dari Dinas Sosial maupun Pendidikan.

"PCL ini yang akan memvalidasidata dan mendampingi para penerima manfaat bantuan sosial, agar target tepat sasaran, tepat waktu dan pelaksanaan serta mekanismenya juga sesuai dengan aturan yang dibuat," tambah Mariana.

 

 

 

 

Reporter: Saeful Bahri