BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

Satpol PP Pantau Kapal Nelayan di Wilayah Kepulauan Seribu Selatan

Petugas gabungan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah kapal nelayan di perairan Kepulauan Seribu Selatan.

Langkah itu dilakukan pihak petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP, unsur Polri dan TNI demi menjaga ketertiban serta kegunaan alat tangkap ikan di perairan Kepulauan Seribu Selatan

Menurut Kasatpol PP Kepulauan Seribu, Partono mengatakan, kegiatan ini dilakukan rutin agar nelayan tertib administrasi serta tidak menggunakan alat tangkap ikan yang dilarang, seperti jaring trawl atau cantrang yang dapat merusak terumbu karang.

"Pemeriksaan sudah kami lakukan sejak 10 Oktober. Total hingga saat ini ada 24 kapal. Untuk izin semua lengkap, tapi ada lima kapal yang masih menggunakan jaring trawl," kata Partono, Kamis (11/10/2018).

Partono menjelaskan, penggunaan jaring trawl dapat merusak terumbu karang serta habitat ikan kecil yang akan ikut terjaring.

“Kami akan terus melakukan monitoring. Sementara nelayan yang menggunakan jaring trawl dilakukan pembinaan serta membuat pernyataan. Dalam kegiatan ini petugas yang dikerahkan 45 personil melibatkan TNI dan Polri. Untuk jaring ada lima yang kami sita," tambahnya.

 

 

 

 

Reporter: Zaini Miftah