BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

Tanaman Hidroponik Tumbuh Subur di Kepulauan Seribu

Kegiatan Gerakan Tanam (Gertam) yang diselenggarakan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu melalui hidroponik berjalan lancar.

Kondisi ini terlihat dengan pertumbuhan tanaman sayuran yang subur, bahkan telah berhasil panen di Pulau Tidung.

Menurut Kepala Seksi Ketahanan Pangan dan Pertanian Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Solihin mengaku, perkembangan tanaman hidroponik berjalan sukses, dan bisa dirasakan masyarakat di Kepulauan Seribu.

“Tanaman hidroponik tumbuh subur di Kepulauan Seribu, ini tentunya menjadi kabar baik bagi masyarakat, sehingga mereka bisa merasakan secara langsung hasilnya, seperti di Pulau Tidung,” kata Solihin, Jumat (2/11/2018).

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Seperti diketahui Sudin KPKP Kepulauan Seribu telah memberikan 20 unit alat hidroponik untuk Pulau Tidung (10 alat) dan Pulau Harapan (10 alat). Pemberian alat ini sendiri dilakukan demi kegiatan Gertam yang melibatkan masyarakat dan PKK Kepulauan Seribu.

“Tanaman hidroponik itu sayuran kangkung, sawi, kailan dan selada. Tentunya dengan kegiatan ini diharapkan dapat mendukung kebutuhan sayuran di pulau, karena selama ini sayuran dibeli dari luar pulau. Kami bersyukur di Pulau Tidung sudah panen, dan kini sedang tahapan menuju panen kedua, sedangkan di Pulau Harapan masuk tahapan persemaian ,” tutur Solihin.

Solihin menambahkan, dengan keberhasilan di dua pulau ini, kedepan tanaman hidroponik akan terus dikembangkan di berbagai wilayah pulau lainnya, dan diharapkan bisa terlaksana secara penuh pada tahun 2020.

 

 

 

Reporter: Petrus A