BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

Pemkab Kepulauan Seribu Sosialisasikan Pelatihan Membatik

Usai sukses menyelenggarakan dibeberapa pulau, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu akan terus melakukan pelatihan membatik dengan melibatkan banyak peserta.

Komitmen ini dilakukan Pemkab Kepulauan Seribu sebagai bentuk keseriusan untuk menjadikan batik sebagai salah satu daya tarik wisatawan di Kepulauan Seribu.

Menurut Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi mengaku, pelatihan membatik nantinya bisa menjadi cara untuk pengembangan potensi baru di Kepulauan Seribu.

“Pelatihan membatik akan terus berjalan ke pulau-pulau lainnya, sehingga masyarakat bisa belajar dan mendapatkan manfaatnya secara maksimal serta membantu roda perekonomian,” kata Junaedi, Selasa (06/11/2018).

Seperti diketahui pada 23-25 Oktober lalu telah dilakukan pelatihan membatik di Pulau Pramuka dengan melibatkan 20 peserta yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat mulai dari pelajar, ibu rumah tangga hingga guru.

Pelatihan membatik ini sendiri diharapkan dapat melahirkan komunitas batik ciri khas Kepulauan Seribu. Dimana untuk motifnya adalah pohon sukun atau buah sukun yang juga menjadi tanaman khas di Kepulauan Seribu.

“Tentunya jika masyarakat mampu membatik, ini akan menjadi peningkatan perekonomian keluarga, dan juga ada ciri khas batik Kepulauan Seribu. Dalam pelatihan ini kita melibatkan tenaga profesional yang sudah ahlinya. Kedepan kegiatan pelatihan membatik terus lakukan, bahkan pada HUT Pemkab Kepulauan Seribu akan dilakukan juga,” tambah Junaedi.

 

 

 

Reporter: Petrus A