BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

Pemkab Kepulauan Seribu Kampanyekan STBM di Dua Pulau Pemukiman

Untuk mencegah gangguan pertumbuhan yang memilki dampak kesehatan (Stunting), Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu melalui Suku Dinas Kesehatan mengkampanyekan Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM) di Pulau Harapan dan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

"Kegiatan ini rangkaian dari kampanye besar Kementerian Kesehatan dan Pemerintah pusat dalam menanggulangi Stunting secara umum," kata dr. Sudigdo Kepala Seksi Kesmas Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu, Rabu (07/11/2018).

Dirinya menjelaskan, Stunting dipengaruhi beberapa faktor di antaranya asupan gizi anak, pola asuh yang dilakukan para orang tua, serta prilaku sanitasi (kebersihan yang baik-red).

"Warga kita kumpulkan untuk memicu kesadaran dalam melaksanakan pilar-pilar STBM, pertama stop buang air besar sembarangan, kedua cuci tangan pakai sabun, ketiga pengelolaan air minum rumah tangga, kemudian pengelolaan sampah rumah tangga dan pengamanan limbah cair rumah tangga," ujar dr. Sudigdo.

Melalui kegiatan ini, dr. Sudigdo berharap, bisa menjadi pencegahan stunting dari segi sanitasi, yaitu dengan menjaga kesehatan warga dalam hal ketersediaan air bersih dan menghindari pencemaran lingkungan

"Penyakit bisa mempengaruhi ibu-ibu yang sedang hamil, sehingga kedepannya bisa menyebabkan stunting," tambahnya.

 

 

 

 

Reporter: Saeful Bahri