BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

PLN Bangun 2 Gardu Listrik di Kepulauan Seribu

Untuk mendukung pembangunan Instalasi Air Minum (IPA) Seawater Reverse Osmosis (SWRO) di Kepulauan Seribu, pihak PLN akan segera melakukan pembangunan gardu listrik di dua pulau.

Kehadiran gardu listrik tersebut untuk mendukung suplai listrik yang akan digunakan bagi pengoperasian IPA SWRO di dua pulau, sehingga bisa berjalan maksimal dan tidak mengganggu kondisi listrik di pulau tersebut.

Menurut perwakilan PLN, Bidang Perencanaan UP3 Bandengan, Argunawan usai melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu mengaku, pihaknya sudah menyiapkan konsep yang diperlukan dalam pembangunan gardu baru, sehingga bisa berjalan maksimal.

“Kami bertemu dengan Pemkab Kepulauan Seribu untuk mendapat restu proses pembangunan gardu listrik di dua pulau, dan sejauh ini responnya sangat positif untuk dilakukan pembangunan,” kata Argunawan, Rabu (07/11/2018).

Dua pulau tersebut adalah Pulau Pramuka dan Panggang. Dimana proses pembangunan dilakukan karena perlu penambahan daya dan lokasi bangunan gardu.

“Pembangunan gardu baru di Pulau Pramuka dan Pulau Panggang perlu dilakukan, karena ada penambahan dayanya, sehingga aliran listrik bisa maksimal untuk pengoperasian IPA SWRO,” jelas Argunawan.

Tercatat kebutuhan gardu di Pulau Panggang yaitu 197 kVA, sedangkan di Pulau Pramuka 100 kVA. Pihak PLN sendiri akan memasang masing-masing gardu baru dengan kapasitas 400 kVA.

Menanggapi hal ini, Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mendukung dengan rencanan PLN tersebut, sehingga proses pengoperasian IPA SWRO bisa segera dirasakan masyarakat sekitar.

“Pemkab Kepulauan Seribu mendukung proses pembangunan gardu ini, sehingga percepatan pembangunan di Kepulauan Seribu bisa dirasakan secara langsung oleh warga sekitar, apalagi kehadiran SWRO akan membantu untuk memenuhi kebutuhaan air bersih,” tambah Husein.

 

 

 

Reporter: Petrus A