BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

BPS Diyakini Menjadi Mitra Penting Pemkab Kepulauan Seribu

Seluruh SKPD/UKPD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu dihimbau terlibat aktif dalam mendukung kinerja Badan Pusat Statistik.

Menurut Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad saat menghadiri Focus Grup Discussion (FGD) 2018 BPS Kepulauan Seribu dengan tema Optimalisasi Publikasi Daerah Dalam Angka di Jakarta, Kamis (06/12/2018) mengaku, data BPS menjadi pendukung informasi terkait kondisi di wilayah Kepulauan Seribu kepada publik.

“Sebelum mengeluarkan publikasi daerah dalam angka, pihak BPS harus melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait, ini penting sekali sehingga data yang dikeluarkan sudah merupakan data yang valid dan terpercaya. Apalagi data yang dikeluarkan BPS akan menjadi gambaran dari sebuah wilayah dan menjadi dasar dalam mengambil langkah berikutnya baik kebijakan atau keputusan,” kata Husein.

Husein menjelaskan, untuk menghasilkan data tersebut pihaknya meminta kepada SKPD/UKPD terkait untuk terbuka dan memberikan informasi secara maksimal kepada BPS Kepulauan Seribu.

“Seluruh unit harus terbuka memberikan informasi seluas-luasnya, dan mau melakukan koordinasi dengan baik sehingga data yang dikeluarkan sesuai dengan keadaan. Saya berharap tidak ada angka atau data yang berbeda, semua mengacu pada  BPS,” tegas Husein.

Menanggapi hal ini, Pudji Pangastuti, Kepala BPS Kepulauan Seribu menilai, kerja sama dengan pihak SKPD/UKPD di Pemkab Kepulauan Seribu sudah berjalan dengan baik dan akan terus ditingkatkan.

Kerja sama sejauh ini sudah baik dengan semua instansi di Pemkab Kepulauan Seribu, kami harapkan melalui perhelatan FGD ini bisa menjadi dasar penyusunan publikasi BPS dengan data yang akurat serta menjadi sarana konfirmasi data, dan evaluasi data publikasi,” tutur Pudji Pangastuti.

 

 

 

Reporter: Petrus A