BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

KSOP Kepulauan Seribu Sosialisasi Pembuatan Pas Kecil Kapal

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kabupaten Kepulauan Seribu akan melakukan sertifikasi pembuatan pas kecil kapal bagi seluruh kapal yang ada di Kepulauan Seribu.

Kepala KSOP Kepulauan Seribu, Herbert Marpaung mengatakan, berdasarkan hasil pendataan akhir terdapat 696 kapal di 9 pulau permukiman yang belum melakukan sertifikasi atau pemutihan pasca pemberlakukan UU No.23 tahun 2014 tentang Otonomi Daerah, dimana kapal ukuran GT 7 kebawah sertifikasi dikembalikan kepada Kementerian Perhubungan, bukan lagi di Dinas Perhubungan.

"Dari 804 kapal tinggal 696 kapal yang belum sertifikasi sisanya 108 sudah siap diterbitkan pas kecilnya khususnya di Pulau Panggang dan Pramuka," terang Herbert, Kamis (06/12/2018).

Herbert menjelaskan, pihaknya bersama Pemkab Kepulauan Seribu akan melakukan sosialisasi serta membagikan persyaratan untuk kapal yang belum memiliki dan melakukan pemutihan pas kecil kapal.

“Pemilik kapal tinggal mengisi dan menyiapkan nama serta minimal dua alat keselamatan kapal (life jacket-red) untuk diserahkan saat buka gerai jemput bola diwilayah, sehingga kami tinggal melakukan pengukuran kapal saja," tambah Herbert.

 

 

 

 

 

Reporter: Petrus A