BERITA

Informasi Dalam Rekaman Lensa

Gerebek Sampah Diyakini Mampu Mengurangi Limbah di Kepulauan Seribu

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu melakukan aksi gerebek sampah di lokasi pantai mangrove Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Jumat (07/12/2018).

Gerebek sampah ini diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), Dewan Kabupaten, Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), petugas Pesisir Pantai Sudin Lingkungan Hidup, PJLP Sumber Daya Air, Damkar, RT, RW, kader Jumantik, karang taruna dan masyarakat. 

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengatakan, gerebek sampah ini rutin dilaksanakan tiap Jumat pagi secara bergantian ke sebelas Pulau Permukiman, dan pada kali ini dilaksanakan di dua pulau, yaitu Pulau Untung Jawa di Kecamatan Seribu Selatan dan Pulau Kelapa di Kecamatan Seribu Utara. 

"Kita sangat konsen dan peduli terhadap kebersihan pulau, karena modal utama kita adalah bersih. Apalagi Pulau Seribu merupakan tempat wisata," kata Husein.

Husein menjelaskan, jika kondisi pulau tidak bersih banyak hal akan terjadi pada kesehatan, pemandangan, kenyamanan, dan terpenting dampaknya adalah wistawan tidak akan berkunjung.

"Kebersihan itu modal utama kita. Oleh karena itu, sejak awal saya bertugas di Kepulauan Seribu pada rapat pertama saya sampaikan kepada seluruh jajaran untuk membersihkan wilayahnya. Dampak utama adalah, jika pengunjung sepi, maka akan berdampak pada angkutan kapal, homestay, pedagang menjadi sepi dan menggangu perekonomian," ujarnya. 

Sementara itu, Lurah Pulau Untung Jawa, Ade Slamet mengatakan, gerebek sampah dilakukan di tiga lokasi yaitu di wilayah RW 01, 02 dan 03. 

"Alhamdulillah gerebek sampah berjalan dengan lancar. Selain membersihkan lingkungan, kita pun membersihkan pantai dan laut," pungkasnya.

 

 

 

 

Reporter: Zaini Miftah