PULAU WISATA

Destinasi Wisata Kepulauan Seribu

Pulau Kelor

  Klik pada gambar untuk memperbesar dan menampilkannya dalam format galeri.

Deskripsi Wisata

Pulau Kelor merupakan salah satu pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu. Secara Administratif termasuk dalam wilayah Kelurahan Untung Jawa, lokasi berdekatan dengan pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Bidadari. Jarak ke Pantai ancol sekitar 1.8 kilometer atau sekitar 20 menit dengan kapal cepat dari dermaga Marina Ancol.

Di Pulau Kelor ini terdapat peninggalan sejarah berwujud benteng pertahanan bernama Benteng Martello. Benteng ini didirikan sebagai garda terdepan pertahanan Batavia menghadapi serangan dari laut pada abad 17-18.

Benteng ini dibuat dari bata merah berbentuk lingkaran. Tingginya kurang lebih 15 meter. Dengan ketinggian yang dimilikinya serta bekas strukturnya yang bundar tersebut, dari benteng tersebut bisa membalas menembaki musuh dengan meriam yang bisa bermanuver 360 derajat. Temboknya sangat tebal sehingga bisa bertahan dari gempuran meriam musuh.

Pada tahun 1883 saat gunung Krakatau meletus, terjangan tsunami membuat Benteng Martello rusak parah. Diperkirakan letusan Krakatau yang dahsyat itu ikut andil dalam meruntuhkan beberapa bagian bangunan dalam benteng tersebut. Sebagian besar Benteng kemudian runtuh dan terendam air karena abrasi yang mengikis pulau. Pengikisan karena gelombang air laut juga membuat bagian lura benteng terendam air.

Kelor pulau mungil tak berpenghuni itu konon diber nama KELOR lantaran saking kecilnya, Cuma secuil alias selebar daun kelor, ternyata menyimpan sejarah panjang dari periode awal kota berdirinya kota Batavia yang kini menjadi kota megapolitan Jakarta.

Informasi Wisata

  • Kategori: Pulau Wisata
  • Dilihat: 977 kali