Kepulauan Seribu Sukses Tekan Penyebaran Covid-19, Sehingga Dinyatakan Zona Hijau


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Petrus Ardianto | Editor : Petrus Ardianto | 6 Apr 2021 | Dilihat : 39


...

Pandemi Covid-19 pertama kali terjadi pada Desember 2019 yang dilaporkan oleh pemerintah Wuhan kepada WHO. Dan di Indonesia sendiri pertama kasus Covid-19 dilaporkan pada bulan Maret minggu pertama Tahun 2020, hal ini menjadi kendala semua pihak termasuk wilayah Kepulauan Seribu yang memiliki 11 Pulau Permukiman dan jumlah penduduk mencapai 29 ribu Jiwa.

Kondisi ini semakin sulit, mengingat Kepulauan Seribu juga menjadi destinasi wisata, sehingga kerap dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Kepulauan Seribu sendiri sempat menjadi wilayah zona Kuning penyebaran Covid-19 di wilayah DKI Jakarta bersama lima wilayah kota lainnya.

Dalam rangka pencegahan penularan wabah Covid-19 di Kepulauan Seribu, telah dilakukan berbagai upaya inovasi penanganan Covid-19 seperti pembentukan Gugus Tugas Pulau Aman yang tugasnya untuk membuat SOP mengendalikan mobilitas warga yang akan masuk ke pulau dan keluar pulau untuk mendukung pelaksanaan PSBB di wilayah.

Dengan melibatkan warga, tokoh agama, tokoh masyarakat serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kepulauan Seribu, kegiatan pencegahan terus dilakukan hingga kini, mulai dari penerapan protokol kesehatan dan test rapid antigen di berbagai dermaga kedatangan atau keberangkatan, penyediaan sarana cuci tangan, pembagian masker gratis serta penerapan menjaga jarak. Serta melakukan tindakan penanggulangan dan pengendalian Covid-19 dengan melakukan kontak Tracing,Testing dan Treatment.

Selanjutnya di bentuk  Satgas  Covid 19 dari Tingkat Nasional, Propinsi, Kab/Kota, Kecamatan dan Kelurahan sampai ke tingkat RW dan RT, yang tugasnya melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah kelurahan, sehingga setiap Pulau di bentuk Kampung Tangguh Jaya yang di inisiasi oleh Kapolda Metro Jaya.

Tercatat semua kerja keras dan kerja sama ini membuahkan hasil, dan pada hari ini Kepulauan Seribu telah 0 (nol) kasus aktif dari penyebaran  Covid-19, dan telah kembali menjadi zona Hijau atau Green Zone Area. 

Berdasarkan data terakhir yang terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 525 orang, dimana 514 orang dinyatakan sembuh dan 11 orang meninggal dunia.

"Saya mengucapkan Terima kasih kepada warga Kepulauan Seribu, RT,RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, Dasawisma, FKDM, Dewan Kabupaten, Sudin kesehatan, Satpol PP, ASN, TNI/Polri, Dinas Perhubungan serta unsur Forkopimda Kabupaten Kepulauan Seribu lainnya yang berkomitmen sejak awal menekan penyebaran Covid-19, sehingga Kepulauan Seribu kini kembali ke zona Hijau, tentunya ini hal yang positif untuk terus dipertahankan secara bersama-sama," kata Bupat Kepulauan Seribu, Junaedi, S.Sos, M.Si, di Jakarta, Selasa (06/04/2021).

Wilayah Kepulauan Seribu yang menjadi zona hijau Covid-19 merupakan hal yang membanggakan dan harus terus dipertahankan, sehingga geliat pariwisata kembali meningkat dan perekonomian warga kembali pulih.

"Mari kita pertahankan status Green Zone Area Kepulauan Seribu, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan melakukan 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Dan saat ini juga Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di DKI Jakarta ini diperpanjang kembali mulai 6-19 April 2021 untuk menuju masyarakat yang sehat, aman dan produktif. Walaupun Vaksin sudah ada namun kita masih perlu bersabar, disiplin protokol kesehatan dengan mematuhi 5 M dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalah Vaksin terbaik saat ini," tambah Junaedi.
 


Berita Terbaru