Terapkan Protokol Kesehatan, Pemotongan Hewan Qurban di Kelurahan Pulau Kelapa Berjalan Tertib


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu | Editor : Petrus Ardianto | 20 Jul 2021 | Dilihat : 23


...

Pandemi Covid-19 memaksa panitia qurban hari raya Idul Adha 1442 Hijriah harus beradaptasi, salah satunya yang dilakukan panitia Masjid Jami Al-Falah di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, yang menerapkan protokol kesehatan saat melakukan pemotongan hewan qurban.

Tercatat, panitia menempatkan hewan qurban di halaman samping SDN 02 Pagi Pulau Kelapa dekat lapangan sepakbola, sedangkan untuk pemotongan dilakukan di halaman dalam. Sedangkan untuk pendistribusian, pantia memanggil nomor antrean hewan menggunakan pengeras suara. 

Menurut Abdul Hai, Ketua Panitia Masjid Jami Al-Falah Pulau Kelapa, hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerumunan di dalam area pemotongan, sedangkan pemisahan kandang dan area pemotongan juga membantu mengurangi tingkat stres hewan qurban.

"Secara psikologis binatang, kita menjaga tingkat stres binatang dalam menunggu waktu pemotongan. Jadi pada saat ada petugas yang memanggil, nanti petugas yang lain mengeluarkan hewan qurban dari kandang," kata Abdul, Selasa (20/07/2021).

Abdul mengaku, pihaknya menjamin bahwa telah mengikuti ketentuan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta maupun imbauan Majelis Ulama Indonesia dalam menjalankan ibadah pada Idul Adha tahun ini, dimana menghindari kerumunan warga dengan menyalurkan daging qurban ke pihak RT/RW.

"Pendistribusian daging qurban melalui dropping ke RT-RT yang nantinya dikemas dengan besek bambu, sehingga ramah lingkungan," tuturnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Muslim menambahkan, jumlahnya hewan kurban untuk tahun ini yang akan disembelih sebanyak 113 hewan qurban, terdiri dari sapi 17 ekor dan kambing 96 ekor.

"Alhamdulillah untuk tahun ini antusias warga kami untuk beribadah kurban sangat tinggi. Dan tahun ini juga jumlah hewan qurban meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya," tandasnya.


Berita Terbaru