Pariwisata Kepulauan Seribu Diharapkan Segera Dibuka


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Zaini Miftah | Editor : Petrus Ardianto | 6 Sep 2021 | Dilihat : 112


...

Sektor pariwisata di Kepulauan Seribu diharapkan segera dibuka kembali, untuk menunjang perekonomian masyarakat yang selama ini berhenti karena dampak pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Rohima Saragi (40) pemilik homestay Baronang di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat menobatkan Pulau Untung Jawa sebagai 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, pada 4 September lalu.

"Kami berharap wisata segera buka lagi khususnya di Pulau Untung Jawa. Sekarang sepi, sejak PPKM tidak ada wisatawan yang datang ke pulau," ujar Rohima, Senin (06/09/2021).

Seperti diketahui, sejak penerapan PPKM di wilayah DKI Jakarta, sektor pariwisata di Kepulauan Seribu ditutup untuk umum, hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19. Langkah ini pun sangat efektif, sehingga Kepulauan Seribu kini berada di zona hijau penyebaran Covid-19.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, pembukaan kembali sektor pariwisata bergantung kepada akselerasi vaksinasi Covid-19, dan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin masyarakat, pengelola destinasi wisata maupun wisatawan. 

"Narasinya tinggal setelah vaksin, protokol ketat dan disiplin, saya beri panduan kepada Pak Bupati dan Bu Kasudin Parekraf yang menentukan dengan koordinasi ke Dinas Parekraf DKI Jakarta," kata Sandiaga.

Sandiaga menilai, Pulau Untung Jawa bisa bersaing dengan desa-desa wisata kelas dunia seperti Desa wisata Panglipura, Desa wisata Jatiluwih di Bali, Desa wisata Ngalanggeran di Kabupaten Gunung Kidul, dan Desa Wisata Pentingsari di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

"Saya berharap agar Pulau Untung Jawa maupun sejumlah pulau lainnya dapat seperti tagline Kepulauan Seribu yaitu Seribu Pulau, Seribu Pesona," pungkasnya.


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Pariwisata Kepulauan Seribu Diharapkan Segera Dibuka" ?
4 5 5 6