image 1

Tidung

KPw BI Provinsi DKI Jakarta Berkomitmen Mengembangkan Potensi Wisata di Pulau Kelapa Dua

Kategori | Pemerintahan
Reporter | Petrus Ardianto
Tanggal | 19 Sep 2021
Dilihat | 198x


Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi DKI Jakarta terus menunjukkan komitmennya dalam mengembangan potensi wisata di Pulau Kelapa Dua, Kepulauan Seribu Utara.

Hal itu diwujudkan KPw BI Provinsi DKI Jakarta melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), yang bertujuan meningkatkan sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat di Pulau Kelapa Dua, yang terdampak pandemi Covid-19.

Menuru Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Onny Widjanarko, Pulau Kelapa Dua cukup representatif untuk pengembangan wisata alam, sejarah dan budaya, kuliner serta ekonomi kreatif, terlebih lagi Pulau Kelapa Dua juga merupakan salah satu wilayah konservasi Taman Nasional Kepulauan Seribu.

"Pulau Kelapa Dua memenuhi elemen-elemen wisata seperti alam, sejarah dan budayanya yang bisa menjadi daya jual untuk wisata. Kemudian pengembangan UMKM seperti kulinernya sudah ada yang go digital, kompetitif tidak kalah dengan yang ada di kota. Terpenting lagi pelayanannya, keramahan warganya. Itu memenuhi syarat untuk menghidupkan lagi wisata di Kepulauan Seribu utamanya di Pulau Kelapa Dua akan menjadi destinasi yang menarik," kata Onny, Minggu (19/09/2021).

Onny menjelaskan, PSBI diberikan untuk mendukung pengembangan wisata alam sejalan dengan ditetapkannya Kepulauan Seribu sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan 10 destinasi wisata prioritas.

"Sejumlah bantuan untuk mendukung wisata di Pulau Kelapa Dua sudah dilakukan dan akan dikembangkan secara berkelanjutan seperti pembangunan sarana prasarana, pelestarian ekosistem laut dan pelatihan untuk peningkatan kemampuan warga setempat," terangnya.

Onny berharap, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai pemicu atau motivasi dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di Pulau Kelapa Dua.

"BI tidak memberikan uang tunai, tetapi sarana prasarana supaya menjadi kail dan ikan bagi masyarakat lokal di Pulau Kelapa Dua. Beberapa yang sudah direalisasikan seperti bangunan serba guna, rumah apung, tempat pembenihan penyu dan penanaman mangrove. Kita tiap tahun ada anggaran PSBI untuk pariwisata. Kami juga akan memberikan pelatihan dan peningkatan kemampuan kepada warga Pulau Kelapa Dua untuk mendukung perekonomian masyarakat setempat melalui penguatan UMKM, khususnya kuliner,” jelasnya.


POLING

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "KPw BI Provinsi DKI Jakarta Berkomitmen Mengembangkan Potensi Wisata di Pulau Kelapa Dua" ?