Puluhan Warga Kepulauan Seribu Ikut Kelas Berkebun


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Petrus Ardianto | Editor : Petrus Ardianto | 21 Sep 2021 | Dilihat : 43


...

Sebanyak 70 peserta yang berasal dari Kepulauan Seribu mengikuti Kelas Berkebun Sesi 3 dengan tema "Tabulampot dan Tanaman Hias", secara virtual.

Kegiatan yang diselenggarakan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kepulauan Seribu berkolaborasi dengan Tim Penggerak (TP) PKK setempat, menghadirkan narasumber berkompeten dari Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu dan Praktisi Tanaman Hias, Agustinus Gunawan Sri Utomo.

Menurut Ketua TP PKK Kepulauan Seribu, Rita Susanti, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Dinas KPKP DKI Jakarta yang telah meluncurkan program Kelas Berkebun, sehingga bisa memberikan pemahaman terkait budi daya tanaman buah, dan tanaman hias di dalam pot kepada kader PKK dan warga Kepulauan Seribu.

"Setelah mendapatkan ilmu yang bermanfaat ini semoga dapat dipraktikkan dan berlomba-lomba untuk menghijaukan pekarangan dan menghasilkan yang optimal," kata Rita, Selasa (21/09/2021).

Sementara itu, Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, peserta Kelas Berkebun merupakan kader PKK, kelompok wanita tani (KWT), pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Jakprenuer dari enam kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

"Mudah-mudahan ini bermanfaat, selain tanaman hias dan tanaman buahnya bermanfaat untuk memperindah Kepulauan Seribu juga menghasilkan secara ekonomi bagi yang menekuninya," kata Devi.

Tercatat dalam kegiatan ini, para peserta diberikan pemahaman dari mulai cara memilih bibit, lokasi tanam dan tips perawatan serta berbagai jenis tanaman hias yang dapat hidup di Kepulauan Seribu, seperti jenis montera, melano, rambatan dan pisang parigata.

"Banyak keuntungan menanam tanaman hias ini, bahkan selama pandemi harganya yang terus naik sehingga sangat potensial memberikan keuntungan ekonomi," tutur Praktisi Tanaman Hias, Agustinus Gunawan Sri Utomo.


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Puluhan Warga Kepulauan Seribu Ikut Kelas Berkebun" ?
4 6 0 0