Sudin KPKP Kepulauan Seribu Restocking Ikan di APL Kelurahan Pulau Panggang


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu | Editor : Petrus Ardianto | 22 Sep 2021 | Dilihat : 106


...

Untuk menjaga kelestarian ekosistem di perairan laut Kepulauan Seribu, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kabupaten Kepulauan Seribu melakukan restocking ikan di lokasi area pelindungan laut (APL) Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

"Alhamdulillah, hari ini kami telah melakukan kegiatan restocking ikan yang terdiri dari ikan clownfish, ikan bawal, ikan kerapu macan dan ikan kerapu bebek," kata Kepala Sudin KPKP Kabupaten Kepulauan Seribu, Devi Lidya, Rabu (22/09/2021).

Devi menjelaskan, ikan yang ditabur ini berasal dari balai budidaya konservasi laut Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan dengan jumlah sekitar 5.500 ekor bibit ikan, yang terdiri dari 500 ikan clownfish, 4.000 ikan bawah, 750 Ikan Kerapu Macan dan 250 ekor Kerapu Bebek.

"Insyallah ini bermanfaat untuk restocking, maupun untuk pelestarian ikan, karena memang harus ada restocking, jika ikan selalu diambil. Begitu juga ikan konsumsi seperti ikan kerapu macan dan kerapu bebek," terangnya.

Devi berharap, melalui kegiatan ini bisa menjadi cikal bakal melimpahnya ikan, serta bisa menjadi indukan dan bisa menjadi lebih banyak lagi ikan di Kepulauan Seribu.

"Ikan clownfish yang dikeluarkan sudah cukup dewasa, dan sudah bisa memijah di alam, sehingga bisa beranak pinang. Jadi kelestariannya tetap terjaga," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Zaenab Biki menambahkan, kegiatan restocking ini melibatkan 5 orang penyelam dari PBKL dan Sudin KPKP Kepulauan Seribu.

"Ikan Bawal untuk pertumbuhan itu sangat cepat. Sementara, untuk ikan kerapu diharapkan di APL ini lebih terjaga dan lestari. Kita berharap masyarakat disini tidak menangkap ikan di APL, karena itu untuk pelestarian terumbu karang, ikan-ikan dan biota laut lainnya," tutupnya.


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Sudin KPKP Kepulauan Seribu Restocking Ikan di APL Kelurahan Pulau Panggang" ?
7 4 1 2