Taman Nasional Kepulauan Seribu Lepasliarkan Ratusan Tukik


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu | Editor : Petrus Ardianto | 27 Sep 2021 | Dilihat : 26


...

Ratusan tukik atau anak penyu dilepasliarkan di pesisir tanjung timur Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Taman Nasional Kepulauan Seribu, bertujuan untuk meningkatkan populasi penyu di laut agar keseimbangan ekosistem terus terjaga.

"Untuk pelepasliaran tukik ini memang sudah menjadi program Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, diturunkan ke Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu melalui Kepala Balai, dan kami harus melakukan pelepasliaran," ujar Agus Setiawan, Polisi Hutan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Pulau Pramuka, Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Senin (27/09/2021).

Agus mengatakan, dalam pelepas liaran tukik, pihaknya melibatkan instansi lain seperti Kabupaten Kepulauan Seribu, Kementerian Agama, dan Koramil Kepulauan Seribu.

"Kami bersama-sama melakukan pelepasliaran dengan total sekitar 100 ekor tukik dan penyu dewasa. Pagi tadi kami sudah melepaskan sekitar 70 ekor," katanya.

Ditempat terpisah, Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Kusminardi berharap, dengan kegiatan tersebut populasi penyu di alam laut Kepulauan Seribu akan bertambah, sehingga ekosistem laut menjadi seimbang.

"Penyu yang dilepas hari ini semuanya jenis penyu sisik, dengan usia sekitar 8 tahun dan satu bulan," tuturnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Panggang, Muhammad Fakih Burhanudin mengapresiasi kegiatan pelepasan anak penyu tersebut, dalam rangka menjaga populasi penyu dihabitat aslinya, sehingga hewan yang dilindungi ini dapat terbebas dari ancaman kepunahan.

"Kami mengapresiasi, dengan pelepasan ini menandakan ekosistem laut itu bersih, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi kemajuan wisata di Kepulauan Seribu," tandasnya.


Berita Terbaru