Belasan Pelaku UKM di Pulau Pramuka Ikuti Pelatihan Pengemasan Produk


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Zaini Miftah | Editor : Petrus Ardianto | 13 Oct 2021 | Dilihat : 39


...

Sebanyak 12 pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara mengikuti pelatihan pengembangan labeling dan kemasan vacumm. 

Kegiatan yang diselenggarakan Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS) dan Politeknik Negeri Jakarta, bertujuan untuk meningkatkan potensi kualitas produk UKM.

Menurut perwakilan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Zulkarnain, pelatihan ini merupakan kelanjutan dari program pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh Program Study Teknologi Indutri Cetak Kemasan PNJ sejak tahun lalu di Kepulauan Seribu.  

"Pelatihan membuat kemasan produk ini dilakukan selama dua hari bertujuan untuk meningkatkan nilai jual produk UMK seperti olahan ikan, rumput laut maupun souvernir. Kita pun memberikan hibah beberapa mesin dan bahan untuk membuat kemasan," ujar Zulkarnain, Rabu (13/10/2021). 

Sementara itu, Syahri peserta pelatihan mengatakan, melalui pelatihan ini dirinya bisa mendapat pengetahuan baru bagaimana agar produk semakin menarik dan punya nilai jual.

"Terima kasih pelatihan dan bantuan yang diberikan dari Politeknik Negeri Jakarta semoga dapat meningkatkan perekonomian UKM di Pulau Pramuka," pungkasnya.

Menanggapi hal ini, Lurah Pulau Panggang, M. Fakih Burhanudin mengapresiasi kegiatan tersebut, karena dapat meningkatkan produktivitas dari sisi keterampilan dalam proses produksi maupun peningkatan manajerial.

“Melalui pelatihan terutama peningkatan keterampilan, pemilik UKM diajarkan untuk meningkatkan produktifitas produksi sehingga didapatkan hasil yang optimal,” tambahnya.


Berita Terbaru