Kemenag Permudah Pendaftaran Nikah Secara Online


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Petrus Ardianto | Editor : Petrus Ardianto | 19 Oct 2021 | Dilihat : 33


...

Kementerian Agama (Kemenag) menghadirkan kemudahan bagi para pasangan yang ingin menikah di tengah pandemi Covid-19, salah satunya secara online.

Pendaftaran nikah secara online dapat dilakukan melalui situs resmi yang disediakan oleh Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, yakni simkah.kemenag.go.id.

Menurut Abdul Hakim, Kemenag Kabupaten Kepulauan Seribu, melalui situs simkah.kemenag.go.id, para calon pasangan yang ingin mendaftar bisa dengan mudah mengaksesnya.

“Pendaftaran nikah secara online memudahkan pasangan untuk melakukan proses pernikahan ditengah pandemi Covid-19,” kata Abdul Hakim, Selasa (19/10/2021).

Pendaftaran nikah online sendiri melalui beberapa tahapan, diantaranya akses situs simkah.kemenag.go.id, kIik “Daftar Nikah”, pilih tempat dan waktu pelaksanaan nikah, meliputi: Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan serta tanggal dan jam pelaksanaan pernikahan, lalu masukkan data calon suami dan calon istri, lalu unggah dan lengkapi dokumen yang diminta, masukkan nomor telepon, unggah foto, dan cetak bukti pendaftaran nikah.

Namun untuk melakukan pendaftaran nikah secara online, nantinya akan diminta beberapa dokumen sebagai persyaratan administrasi yang harus dipenuhi antara lain surat keterangan untuk nikah (didapat dari kelurahan), Surat izin orang tua (bagi calon pengantin yang berusia di bawah 21 tahun), Surat dispensasi Pengadilan Agama (bagi calon pengantin berusia di bawah 19 tahun), Surat akta cerai (bagi calon pengantin yang sudah cerai), Surat izin Komandan (bagi calon pengantin TNI atau POLRI), Surat akta kematian (bagi calon pengantin yang berstatus duda/janda ditinggal mati), Surat izin kedutaan bagi Warga Negara Asing.


Berita Terbaru