Sudinkes Pulau Seribu Berikan Layanan Palliative Care


Kategori : Pemberdayaan dan Kesehatan | Reporter : Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu | Editor : Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu | 20 Aug 2019 | Dilihat : 957


...

Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu memberikan layanan palliative care bagi masyarakat Pulau Seribu yang menderita gangguan jiwa di dua Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Seribu Selatan.

Kepala Sudin Kesehatan Pulau Kepulauan Seribu, Helmi mengatakan, kegiatan palliative care tidak hanya bagi penderita kanker melainkan juga penderita gangguan jiwa dan keluarganya.

“Dalam pelaksanaannya Sudinkes bekerjasama denga RSJ Soeharto Herjan, Grogol Jakarta Barat,” ungkap Helmi, Rabu (09/12/2015).

Helmy menambahkan, sudah membentuk 2 tim dimana 1 tim di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) dan 1 tim lagi berasal dari pegawai Sudinkes, Puskesmas, spesialis kedokteran dan juga dua perawat dari RSJ Seoharto Herjan yang berkunjung ke rumah penderita.

“Mereka akan menanyakan mulai dari kondisi kejiwaan penderita, evaluasi tingkah laku penderita, memeriksa obat yg ada, diminum atau tidak, khasiat dan efek dari obat tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Helmi, dokter juga memberi support kepada keluarga agar bersabar mengawasi penderita dan melapor ke PKM jika ada perubahan tingkah laku yang tidak diinginkan seperti penderita ngamuk atau melakukan tindakan yang dapat membahayakan diri penderita, keluarganya maupun orang lain.

“Jika ada penderita yang harus memerlukan perawatan di RSJ, PKM akan melapokan ke Sudinkes dan selanjutnya Sudinkes akan menghubungi RSJ untuk berkoordinasi menjemput pasien,” ungkapnya.

 

 

 

Reporter : Bayu / age 


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Sudinkes Pulau Seribu Berikan Layanan Palliative Care " ?
4 3 5 8