Kunjungan Wisatawan di Kepulauan Seribu Kembali Bergeliat


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Petrus Ardianto | Editor : Petrus Ardianto | 3 Nov 2021 | Dilihat : 35


...

Setelah ditutup karena penerapan protokol kesehatan oleh Pemerintah Pusat, kini Kepulauan Seribu kembali bergeliat dengan kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata.

Berdasarkan data Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu, total ada 2.556 wisatawan mancangera dan nusantara yang mengunjungi wilayah Kepulauan Seribu pada 29-31 Oktober lalu.

Menurut Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu, Puji Hastuti, kunjung para wisatawan tersebut datang dari Dermaga Marina Ancol, Kali Adem, Tanjung Pasir dan Rawasaban.

“Total 2.556 wisatawan tersebut terdiri dari wisatawan nusantara sebanyak 2.538, dan 18 wisatawan mancanegara,” kata Puji Hastuti, Rabu (02/11/2021).

Bagi wisatawan yang berkunjung ke wilayah Kepulauan Seribu wajib telah menjalani vaksinasi minimal dosis pertama, diwajibkan melakukan scan QR Code menggunakan aplikasi PeduliLindungi di dermaga keberangkatan. Untuk hasil scan barcode PeduliLindungi berwarna hitam dilarang berangkat dan akan dikoordinasikan dengan petugas kesehatan.

Untuk hasil scan barcode berwarna merah, di dermaga keberangkatan dilarang melanjutkan perjalanan, kecuali komorbit dengan menunjukan surat dari rumah sakit, disertai tanda tangan dokter spesialis.

Sedangkan berwarna orange mendapat perawatan dari petugas, dan berwarna hijau dapat melakukan aktifitas pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Terkait alur mobilisasi, di dermaga keberangkatan dan kedatangan dibuat dua jalur yaitu untuk orang yang bukan berdomisili di Kepulauan Seribu atau wisatawan dan jalur khusus untuk warga Kepulauan Seribu serta seluruh petugas. 

Sementara untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun selalu dilakukan pengawasan oleh orang tuanya. Pembukaan wisata Kepulauan Seribu juga tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Nomor 638 Tahun 2021 pada sektor usaha pariwisata.

“Dengan dibukanya kembali wisata Kepulauan Seribu, kegiatan wisata dapat dilaksanakan dengan prokes yang ketat,sehingga wisatawan sehat, masyarakat selamat. Selain itu saya berharap kunjungan wisatawan dapat mengembalikan kestabilan perekonomian masyarakat Kepulauan Seribu,” tambah Puji.


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kunjungan Wisatawan di Kepulauan Seribu Kembali Bergeliat" ?
7 6 1 7