Cegah Kebocoran, Pertamina Konsisten Lakukan Perawatan Sumur Minyak di Perairan Kepulauan Seribu


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Petrus Ardianto | Editor : Petrus Ardianto | 13 Nov 2021 | Dilihat : 69


...

PT Pertamina EP sebagai Subholding Upstream Regional Jawa menunjukkan komitmennya dalam menjaga lingkungan, yang ada disekitar sumur minyak agar tidak terjadi kebocoran, termasuk di wilayah Kepulauan Seribu.

Langkah ini wujudkan dengan melakukan Maintance supervilinece control yang melibatkan tenaga profesional serta pihak Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Manager Communication Relations & CID Pertamina Hulu Energi Hari Setyono menjelaskan, Subholding Upstream Regional Jawa yang memiliki kawasan zona 5 untuk Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (ONWJ), zona 6 untuk Pertamina Hulu Energi Offshore South East Sumatera ( PHE OSES) serta zona 7 untuk Tambun Field, Subang Field, dan Jatibarang Field, selalu melakukan evaluasi dan pemantau secara berkala, untuk mencegah terjadinya kembali kebocoran minyak.

“Kami banyak belajar dari kebocoran minyak beberapa tahun belakang ini, hasilnya kami melakukan Maintance supervilinece control secara langsung, khususnya terkait pipa yang digunakan, sehingga mencegah terjadinya kembali kebocoran minyak,” kata Hari Setyono dalam keterangan tertulis, Rabu (03/11/2021).

Seperti diketahui, area Kepulauan Seribu pernah merasakan dampak kebocoran minyak dari sumur milik PHE OSES dan PHE ONWJ beberapa waktu lalu, yang mengakibatkan pencemaran laut, serta berdampak bagi perekonomian masyarakat Kepulauan Seribu.

“Perawatan pipa terus kami pantau disetiap sumur, bahkan kami pastikan pipa yang dipasang dan digunakan telah bekerja dengan SOP yang berlaku, dan meminimalisir terjadinya kelalaian pekerja,” tegas Hari.

Hari mengaku, penanganan kebocoran minyak beberapa waktu lalu yang mencemari lingkungan di beberapa wilayah, termasuk Kepulauan Seribu, menjadi percontohan bagi kawasan sumur lainnya yang ada didaerah lain.

“Kami banyak belajar dari peristiwa kebocoran tersebut, berkat kerja sama dengan pemerintah daerah, Polisi/TNI hingga masyarakat setempat yang membantu menyelesaikan kebocoran minyak. Ini tentunya menjadi hal penting, agar kedepan kami bisa mencegah dan melakukan penanganan yang tepat,” tuturnya.

Tercatat dalam penanganan kebocoran minyak di wilayah Kepulauan Seribu beberapa waktu lalu, pihak Pertamina melakukan komunikasi terbuka kepada masyarakat terdampak bersama Kabupaten Kepulauan Seribu, Dewan Kabupaten, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta TNI/Polri.

Komunikasi dilakukan untuk bersama-sama melakukan langkah nyata penanganan kebocoran minyak, dimana salah satunya adalah melibatkan masyarakat yang terdampak untuk melakukan pengumpulan limbah minyak dipesisir pantai, dengan menggunakan Alat Pelindung Diri yang disediakan Pertamina.


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Cegah Kebocoran, Pertamina Konsisten Lakukan Perawatan Sumur Minyak di Perairan Kepulauan Seribu" ?
1 9 8 5