Kelurahan Pulau Kelapa Apresiasi Dukungan Kelompok Komparasi


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu | Editor : Petrus Ardianto | 8 Nov 2021 | Dilihat : 133


...

Kelurahan Pulau Kelapa mengapresiasi pembukaan perdana gerai stand portable bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) JakPreneur, yang dilakukan Kelompok Komunitas Pegiat Wisata Budaya dan Konservasi (Komparasi).

Menurut Lurah Pulau Kelapa, Irfan Damanhuri, pihaknya mengapresiasi upaya yang dilakukan kelompok Komparasi Pulau Kelapa dalam membantu para UMKM JakPreneur, dengan menitipkan barang dagangannya untuk meningkatkan produktivitas, dan memberi nilai jual. 

"Mudah-mudahan penyelenggaraan gerai itu tidak hanya meningkatkan pendapatan UMKM di tengah pandemi Covid-19, melainkan juga memperluas jaringan usaha pelaku UMKM," kata Irfan, Senin (08/11/2021).

Irfan menambahkan, dengan diadakannya gerai jajanan khas Kepulauan Seribu, dirinya optimis akan berdampak baik terutama bagi para pelaku usaha UMKM JakPreneur, dan mempromosikan oleh-oleh Kepulauan Seribu keluar daerah.

"Saya optimis stand yang digelar di dermaga utama Pulau Kelapa dapat memperluas jaringan, meningkatkan pendapatan, membuka peluang usaha, serta menciptakan wirausaha baru melalui pola kemitraan yang berkelanjutan," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Komparasi Kelurahan Pulau Kelapa, Hermansyah Pratama mengatakan, pembukaan stand gerai jajanan khas Kepulauan Seribu di dermaga utama Pulau Kelapa sebagai upaya untuk mendorong para UMKM, agar mengembangkan usahanya. 

"Alhamdulillah dalam satu hari pembukaan gerai, kita membukukan transaksi dengan total sebanyak Rp 900 ribu," ujar Hermansyah.

Hermansyah menilai, pihaknya menjajakan oleh-oleh khas Kepulauan Seribu kepada para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kelapa, dengan harga bervariasi di antaranya stik cumi, kerupuk ikan, keripik sukun, dendeng ikan ekor kuning, manisan rumput laut, dan lain sebagainya.

"Setelah di potong biaya produksi barang, hasil keuntungannya sebagian untuk yang jaga stand, sebagian untuk kas komunitas KOMPARASI, dan sisanya lagi untuk kegiatan sosial," kata Herman.


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kelurahan Pulau Kelapa Apresiasi Dukungan Kelompok Komparasi" ?
8 6 8 9