Mudahkan Informasi Wisata, Sudin Parekraf Kepulauan Seribu Hadirkan Aplikasi


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Petrus Ardianto | Editor : Petrus Ardianto | 10 Nov 2021 | Dilihat : 69


...

Demi memudahkan informasi wisata yang ada di wilayah Kepulauan Seribu, Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu segera menghadirkan aplikasi Pulo1000.

Rencananya kehadiran aplikasi wisata Kepulauan Seribu yang ada di Google Playstore tersebut, akan segera diwujudkan pada awal tahun 2022.

Menurut Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu, Puji Hastuti, aplikasi tersebut akan menjadi sarana keterbukaan informasi dan juga promosi terkait data kepariwisataan di Kepulauan Seribu.

"Aplikasi tersebut nantinya akan memberikan informasi data terkait industri pariwisata, serta semuanya," kata Puji, Rabu (10/11/2021).

Peluncuran awal (soft launching-red) aplikasi Pulo1000 ini sendiri sudah dilakukan dan disosialisasikan bersamaan dengan perayaan HUT Kabupaten ke-20 pada 9 November di Pulau Untung Jawa.

“Soft launching aplikasi Pulo1000 ini dalam rangka implementasi digitalisasi untuk pengembangan pariwisata di Kepulauan Seribu, sehingga memudahkan bagi para calon pengunjung atau wisatawan dalam memilih tujuan liburannya, juga memudahkan Kabupaten Kepulauan Seribu mendapatkan datanya,” jelas Puji.

Tercatat, dalam menyiapkan aplikasi ini, Sudin Parekraf Kepulauan Seribu melibatkan PB Digital Technology Indonesia, sehingga bisa menjadi media informasi tentang destinasi wisata yang ada di Kepulauan Seribu dan sarana penunjangnya terkini, mulai dari data transportasi penyeberangan data kunjungan, data peningkatan perekonomian, data jumlah pemberangkatan di dermaga-dermaga, paket-paket wisata, UMKM dan kuliner unggulan, agenda wisata dan seni budaya, serta jasa layanan wisata lainnya.

Aplikasi Pulo1000 ini juga bisa menjadi media transaksi produk wisata, baik berupa jasa layanan ataupun barang, sehingga bisa bermanfaat untuk pelaku wisata, pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). Para pelaku wisata juga bisa menawarkan barang dan jasanya, dengan masuk serta mendaftar ke aplikasi Pulo1000.

“Aplikasi ini akan mendukung Desa Untung Jawa sebagai salah satu Desa Wisata Terbaik pertama di Indonesia, yang menggunakan digitalisasi dan platform aplikasi pariwisata untuk media informasi dan transaksi pelaku wisata, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan meningkatkan ekonomi masyarakat Kepulauan Seribu,” tambah Puji.


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Mudahkan Informasi Wisata, Sudin Parekraf Kepulauan Seribu Hadirkan Aplikasi" ?
8 9 2 2