Sambut Bulan Ramadhan, Kabupaten Selenggarakan Kegiatan Kepulauan Seribu Mengaji


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Petrus Ardianto | Editor : Petrus Ardianto | 10 Apr 2022 | Dilihat : 45


...

Kabupaten Kepulauan Seribu melalui Seksi Perpustakaan dan Kearsipan Unit Kerja Teknis (UKT) 1, menyelenggarakan kegiatan Kepulauan Seribu Mengaji.

Kegiatan Kepulauan Seribu Mengaji adalah kegiatan layanan bagi para pemustaka seluruh wilayah Kepulauan Seribu, yang akan diadakan pada bulan Ramadhan.

Menurut Kepala Seksi Perpustakaan dan Kearsipan UKT 1 Kabupaten Kepulauan Seribu, Windarwati, pada kegiatan ini peserta akan diminta untuk membuat video sedang membacakan ayat Al-Quran, kemudian peserta kegiatan mengirimkan hasil video tersebut dengan ketentuan yang telah di berikan oleh panitia ke media sosial pribadi, dengan tag dan mention ke media sosial perpustakaan dan UKT 1 Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

“Kegiatan ini untuk menyambut bulan suci Ramadhan, dimana melibatkan Perpustakaan Taman Bacaan Masyarakat Manca Pulau Pramuka, Komunitas Baca Literasi Pantai yang merupakan binaan Perpustakaan dan Arsip Unit Kerja Teknis 1 Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, berkolaborasi bersama Baznas (Bazis) Kepulauan Seribu, kata Windarwati, Rabu (06/04/2022).

Windarwati menjelaskan, kegiatan ini adalah bagian dari promosi untuk meningkatkan literasi, minat baca masyarakat khususnya pada kalangan pelajar, serta menanamkan betapa pentingnya beribadah dan mendekatkan diri dengan membaca Al-Qur’an.

“Tujuan dari kegiatan ini agar bertambahnya tingkat literasi masyarakat khususnya pada anak-anak dan pelajar di bidang keagamaan, menstimulasi betapa pentingnya membaca Al-Qur’an dan sebagai sarana promosi Perpustakaan kepada masyarakat, sehingga seluruh kalangan masyarakat tertarik berkunjung ke perpustakaan dan meningkatnya minat baca warga Kepulauan Seribu,” ujarnya.

Nantinya peserta kegiatan ini berasal dari kalangan pelajar tingkat SMP/MTS Kelas 1-3, dimana pendaftaran peserta kegiatan dilaksanakan pada 11-15 April 2022 hingga pukul 16.00 WIB. Data peserta kegiatan sudah mulai di rekapitulasi oleh panitia pada 16 - 17 April 2022, dan para peserta mulai mengirimkan hasil video ketika membaca ayat Al-Quran pada 18-22 April.

“Video peserta mengirim ke media sosial perpustakaan dengan tag dan mention ke akun Instagram perpustakaankep.seribu dan ukt1setkab1000 kemudian #kepulauanseribumengaji2022. Penilaian akhir dilaksanakan pada 25 - 26 April 2022, dan pengumuman hasil pemenang lomba di umumkan pada 29 April 2022,” jelas Windarwati.

Windarwati menambahkan, apresiasi yang akan diberikan kepada para peserta kegiatan ini adalah berupa souvenir, Al-Qur’an dan Penghargaan yaitu sertifikat/piagam dari Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Sambut Bulan Ramadhan, Kabupaten Selenggarakan Kegiatan Kepulauan Seribu Mengaji" ?
4 0 4 8