Kabupaten Kepulauan Seribu Wujudkan Wisata Aman, Nyaman dan Sehat


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Petrus Ardianto | Editor : Petrus Ardianto | 17 Apr 2022 | Dilihat : 54


...

Sebagai bagian dari wilayah DKI Jakarta, Kabupaten Administrasi Jakarta Kepulauan Seribu terus bersolek menyiapkan diri menjadi daerah wisata yang aman, nyaman dan sehat.

Kabupaten yang telah berdiri 20 tahun ini, telah melakukan berbagai langkah kecil untuk bisa berbenah dengan program yang telah disiapkan, sehingga bisa menyejahterakan masyarakat Kepulauan Seribu.

Kondisi inilah yang membuat Pemerintah Kabupaten Administrasi Jakarta Kepulauan Seribu sadar, bahwa sektor pariwsata memang menjadi penopang perekonomian masyarakat Kepulauan Seribu, selain mata pencaharian sebagai nelayan.

Bersama unsur terkait, baik Satuan Kerja Perangkat Daerah, Unit Kerja Perangkat Daerah, TNI/Polri, serta unsur dari masyarakat, Pemerintah Kabupaten Administrasi Jakarta Kepulauan Seribu terus melakukan inovasi, sehingga bisa menarik banyak investor untuk mengembangkan potensi Kepulauan Seribu.

Pembangunan di berbagai jenis wisata yang menjadi daya tarik bagi wisatawan terus dilakukan, diantaranya Kampung Jepang di Pulau Untung Jawa, Plaza Kabupaten dan Pantai Sunrise di Pulau Pramuka, Makam Keramat Sultan Maulana Mahmud Zakaria di Pulau Panjang, lokasi swafoto di setiap Kelurahan, sarana kesehatan, transportasi, serta wisata diving.

Kampung Jepang

Pembangunan yang rampung dilakukan pada tahun ini, berada di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan. Kampung Jepang menghadirkan wisata pantai yang nyaman bagi pengunjung dengan ornamen Jepang di lokasinya, serta kehadiran kios-kios bagi pelaku UMKM yang menjual berbagai cinderamata.

Plaza Kabupaten

Terletak di Pulau Pramuka atau pusat Kabupaten Kepulauan Seribu, Plaza Kabupaten dibangun dengan tujuan menghadirkan Ruang Terbuka Hijau (RTH), yang merupakan tempat untuk berinteraksi bagi para orang tua, anak-anak bahkan wisatawan yang dilengkapi dengan fasilitas permainan milenial seperti olahraga skateboard.

Makam Keramat Sultan Maulana Mahmud Zakaria

Meski Kepulauan Seribu telah memiliki berbagai lokasi wisata religi, namun Pemerintah Kabupaten Administrasi Jakarta Kepulauan Seribu terus melahirkan inovasi baru, salah satunya mempercantik Makam Keramat Sultan Maulana Mahmud Zakaria, yang merupakan salah satu bangsawan dari Kesultanan Banten.

Makam yang berada di Pulau Panjang, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, dibangun dengan ornamen kayu untuk menambah keindahan serta kehangatan bagi para pengunjung. Tidak hanya itu, di makam ini juga dibangun masjid yang dilengkapi dengan toilet dan tempat berwudhu. Untuk memberikan rasa nyaman bagi pengunjung, pemerintah juga membuat jalan penghubung dari dermaga hingga ke lokasi makam.

Lokasi Swafoto

Lokasi swafoto menjadi penambah daya tarik bagi wisatawan, untuk mengabadikan moment kala berkunjung di Kepulauan Seribu. Pemerintah telah menghadirkan lokasi swafoto di setiap Kelurahan, dengan ciri khas masing-masing wilayah.

Pantai Sunrise

Pemerintah baru saja merampungkan pembangunan Pantai Sunrise yang berada di sisi timur Pulau Pramuka. Disini para pengunjung disarankan datang saat pagi hari, karena akan disuguhkan keindahan matahari yang baru bersinar di belakang awan luas. Di lokasi ini, pengunjung akan ditemani sejuknya udara pagi, syahdunya deburan ombak yang menenangkan pikiran, serta halusnya hamparan pasir putih yang menyentuh kaki. Tidak hanya itu, di Pantai Sunrise pengunjung bisa mengabadikan momen indah yang dirasakan, dengan melakukan swafoto di tempat selfie yang menarik dan instagramable.

Transportasi

Sarana pendukung yang disiapkan pemerintah untuk memudahkan pengunjung adalah sarana transportasi, dimana Dinas Perhubungan menghadirkan kapal cepat yang murah, dengan jadwal keberangkatan setiap harinya menuju pulau penduduk dari dermaga Kali Adem. Tidak hanya itu, para pengunjung juga bisa memanfaatkan dermaga Marina Ancol, serta Rawasaban.

Kesehatan

Fasilitas kesehatan di Kepulauan Seribu telah memiliki RSUD Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Puskesmas Kelurahan Pulau Panggang, Kelurahan Pulau Pari, dan Kelurahan Pulau Untung Jawa, Pos Kesehatan Pulau Sebira, Pulau Payung dan Pulau Pari.

Semua unit layanan kesehatan tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, dimana RSUD Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu merupakan sarana fasilitas kesehatan tingkat lanjutan satu-satunya di Kepulauan Seribu yang dilengkapi layanan Instalasi Gawat Darurat, rawat jalan, rawat inap dan penunjang lain seperti: fasilitas layanan hiperbarik, kapal ambulance, farmasi, laboratorium, radiologi, serta kamar jenazah.

Wisata Diving

Wisata diving menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke wilayah Kepulauan Seribu, dengan aneka biota laut serta keindahan alam bawah lautnya, banyak wisatawan mancanegara berkunjung melihat berbagai titik spot diving, dengan ciri khas masing-masing wilayah. Pemerintah melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu, terus melakukan pembenahan dan menjaga lingkungan, seperti melakukan restocking berbagai jenis ikan, memberikan sosialisasi kepada nelayan dan melakukan budidaya ikan.


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kabupaten Kepulauan Seribu Wujudkan Wisata Aman, Nyaman dan Sehat" ?
5 2 0 9