Kembangkan Pertanian Perkotaan di Kepulauan Seribu, Fitriyah Raih Piagam Penghargaan Peringatan Hari Kartini


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Petrus Ardianto | Editor : Petrus Ardianto | 21 Apr 2022 | Dilihat : 34


...

Meski hanya lulusan Sekolah Menengah Atas, Fitriyah, salah satu warga Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara sukses meraih Piagam Penghargaan Peringatan Hari Kartini, dari Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (OASE).

Fitriyah dinilai sebagai perempuan yang telah berjasa bagi warga Kepulauan Seribu, dibidang Pertanian Perkotaan.

Penghargaan ini diberikan secara langsung Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati kepada Fitriyah di Balaikota Provinsi DKI Jakarta, Kamis (21/04/2022).

Berawal dari mengajar PAUD Tunas Harapan Pulau Harapan pada tahun 2006-2012 secara gratis, Fitriyah memulai dedikasi serta perhatiannya untuk pengembangan wilayahnya, dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Masa depan Pulau Harapan ada di tangan anak-anak kita semua dan harus mendapatkan pendidikan yang terbaik, serta sejajar dengan wilayah di DKI Jakarta lainnya,” kata Fitriyah.

Wanita yang lahir pada 16 Agustus 1980 ini, pernah menjabat sebagai Ketua Kader Pusat Informasi Keluarga, kader paliatif, menjadi duta Tanaman Obat Keluarga (Toga), mendirikan PKK di Pulau Harapan, hingga menjadi Kader terbaik PKK Provinsi DKI Jakarta.

Dengan pengetahuan yang dimilikinya, Fitriyah mulai mengembangkan budidaya tanaman toga dan sayuran, memanfaatkan lahan-lahan sempit serta perkarangan rumah, dengan melibatkan Kelompok Tani Andalan.

“Bersama kegiatan ini, kami ingin mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan-lahan sempit yang ada, menjadi tanaman toga atau sayuran dengan media tanam hidroponik,” tuturnya.

Melalui kerja keras dan dedikasinya bersama Kelompok Tani Andalan dan kader PKK, Fitriyah sukses menjadikan media tanam hidroponik digemari masyarakat di Pulau Harapan untuk mendapatkan tanaman toga dan sayuran.

“Beberapa kali kami berhasil panen tanaman toga serta sayuran, dan hasilnya kami berikan kepada warga yang membutuhkan. Pola tanaman ini juga mengedukasi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sayuran dan kebutuhan obat-obatan secara alami,” ujarnya.

Bagi Fitriyah, penghargaan dibidang Pertanian Perkotaan pada Hari Kartini, bisa menjadi pemicu lahirnya generasi penerus, untuk terus melahirkan inovasi dan perhatian bagi pengembangan Pulau Harapan.

“Saya harapkan perhelatan ini tidak hanya disini tapi seterusnya. Saya juga berterimakasih kepada Bupati Kepulauan Seribu, ibu Bupati Kepulauan Seribu, karena tanpa dukungan dan perhatiannya saya tidak bisa meraih prestasi ini,” tambahnya.


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Kembangkan Pertanian Perkotaan di Kepulauan Seribu, Fitriyah Raih Piagam Penghargaan Peringatan Hari Kartini" ?
3 7 4 3