BPS Kabupaten Kepulauan Seribu Kembali Lakukan Sensus Penduduk


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Petrus Ardianto | Editor : Petrus Ardianto | 14 May 2022 | Dilihat : 34


...

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Seribu kembali akan melakukan Sensus Penduduk (SP) 2020 Lanjutan, di 11 Pulau Penduduk yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu.

Rencananya kegiatan tersebut akan dilakukan BPS Kabupaten Kepulauan Seribu pada15 Mei hingga 30 Juni 2022, dengan melakukan pendataan di rumah tangga terpilih.

Menurut Kepala BPS Kabupaten Kepulauan Seribu, Alfhonso Triantoro, kegiatan ini nantinya bisa menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk, untuk menghasilkan SDGs dan RPJM di bidang kependudukan.

“Tujuan kegiatan ini untuk memperkirakan jumlah, distribusi dan komposisi penduduk, memperoleh data untuk penghitungan parameter demografi, sumber data dari indikator angka kematian ibu, memperbaharui data yang akan digunakan dalam penghitungan proyeksi penduduk, menyediakan data karakteristik penduduk dan perumahan, sumber data dari indikator kependudukan untuk SDGs yang tidak dapat diperoleh dari sumber lain,” kata Alfhonso Triantoro, Sabtu (14/05/2022).

Alfhonso menjelaskan, kegiatan SP 2020 Lanjutan akan dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu 15-31 Mei akan dilakukan Pemutakhiran, dan pada 1-30 Juni baru dilakukan pencacahan. Dalam setiap kegiatan BPS Kabupaten Kepulauan Seribu akan melibatkan pihak RT/RW dan petugas yang berasal dari warga pulau setempat.

“Kami harapkan jika ada rumah di beberapa Pulau Penduduk yang terpilih sebagai responden, diharapkan membantu petugas sensus yang datang serta berikan jawaban dengan benar dan jujur. Mengingat jawaban yang diberikan bermanfaat untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan Indonesia,” tambahnya.


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "BPS Kabupaten Kepulauan Seribu Kembali Lakukan Sensus Penduduk" ?
7 0 3 3