Wakil Bupati Kepulauan Seribu Apresiasi Perhatian KKP RI


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Zaini Miftah | Editor : Petrus Ardianto | 30 Jun 2022 | Dilihat : 43


...

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan, mengapresiasi perhatian Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang memberikan bantuan Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (Kompak).

Menurut Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan, bantuan terhadap Kompak bertujuan untuk mendukung kegiatan konservasi di kawasan konservasi Perairan Kepulauan Seribu.

"Terima kasih dari rekan KKP atas bantuan konvervasi kompak untuk kelompok DPL di Kepulauan Seribu. Ini sangat bermanfaat nantinya untuk menjaga ekosistem laut. Dimana terumbu karang merupakan habitat penting bagi kehidupan biota laut, sehingga peran semua pihak baik pemerintah maupun swasta sangat penting untuk menjaga habitat tersebut," kata Fadjar, Kamis (30/06/2022).

Tercatat, selain memberikan bantuan KKP juga meresmikan Pusat Pembibitan Karang (Coral Stock Center) di PBKL Pulau Tidung Kecil, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

“Ekosistem terumbu karang merupakan ekosistem paling kaya dan produktif karena dapat memberikan segudang manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Terumbu karang ini memiliki nilai ekonomi tinggi yang dapat menyejahterakan petani laut di Kepulauan Seribu. Diharapkan budidaya ini bisa disebar luaskan di tiap pulau, tujuannya untuk menjaga kualitas ekosistem laut. Pesan saya bantuan ini dapat dioptimalkan semaksimal mungkin," tutur Fadjar.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP, Syarif Iwan Taruna Alkadrie menjelaskan, bantuan yang diberikan berupa alat selam, alat snorkel, seragam lapangan dan alat perkantoran lainnya, untuk mendukung konservasi serta penyadartahuan terumbu karang di Kawasan Konservasi Perairan Kepulauan Seribu.

"Ini merupakan inisasi dari Dinas KPKP DKI Jakarta yang kemudian kita lihat potensi Kepulauan Seribu sangat luar biasa, Pulau Seribu adalah tujuan wisata dan alamnya masih cukup terjaga, seperti di area Pulau Payung ini," ujarnya.

Syarif berharap, pembangunan coral stock center tersebut tidak hanya menjadi sumber penyediaan bibit karang, transplantasi dan rehabilitasi karang di sekitarnya, namun juga akan menjadi pusat studi dan pembelajaran rehabilitasi terumbu karang sekaligus objek ekowisata bahari.

"Harapan kita center ini menjadi penyedia bibit koral di bagian pulau Jawa yang dapt memiliki ketersedian semua jenis koral. Kita akan menggandeng DPL Kepulauan Seribu dengan memberikan pembinaan juga," tuturnya.


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Wakil Bupati Kepulauan Seribu Apresiasi Perhatian KKP RI" ?
7 2 4 2