Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu Helatkan Sosialisasi Triple Eliminasi


Kategori : Pemberdayaan dan Kesehatan | Reporter : Petrus Ardianto | Editor : Petrus Ardianto | 1 Jul 2022 | Dilihat : 50


...

Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga kesehatan, Suku Dinas Kesehatan (Sudin Kesehatan) Kepulauan Seribu melakukan sosialisasi Triple Eliminasi (HIV, Sifilis dan Hepatitis B) di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara.

Langkah ini dilakukan mengingat Human Immunodeficiency Virus (HIV), Sifilis, dan Hepatitis B adalah jenis penyakit infeksi menular yang perlu dikendalikan penyebarannya.

Penyakit tersebut dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi ke anaknya selama kehamilan, persalinan, dan menyusui. Selain itu, penyakit tersebut menyebabkan kesakitan, kecacatan dan kematian sehingga berdampak buruk pada kelangsungan dan kualitas hidup anak dan memerlukan pelayanan kesehatan jangka panjang dengan beban biaya yang besar.

Namun demikian, penyakit tersebut dapat dicegah dengan intervensi sederhana dan efektif berupa deteksi dini (skrining) pada saat pelayanan antenatal, penanganan dini, dan imunisasi.

Infeksi HIV, Sifilis, dan Hepatitis B memiliki pola penularan yang relatif sama, yaitu ditularkan melalui hubungan seksual, pertukaran/kontaminasi darah, dan secara vertikal dari ibu ke anak. Eliminasi Penularan HIV, Sifilis, dan Hepatitis B bersama-sama atau yang sering disebut “triple eliminasi” ini dilakukan untuk memastikan bahwa sekalipun ibu terinfeksi HIV, Sifilis, dan/atau Hepatitis B sedapat mungkin tidak menular ke anaknya.

Adapun strategi Program Eliminasi Penularan meliputi peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi ibu dan anak sesuai dengan standar; peningkatan peran fasilitas pelayanan kesehatan dalam penatalaksanaan yang diperlukan untuk Eliminasi Penularan, peningkatan penyediaan sumber daya di bidang kesehatan, peningkatan jejaring kerja dan kemitraan serta kerja sama lintas program dan lintas sektor, serta peningkatan peran serta masyarakat.

Tercatat, kegiatan Sosialisasi Triple Eliminasi dilakukan pada 13-14 Juni 2022 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara, dimana kegiatan tersebut dihadiri oleh dokter, perawat dan bidan penanggung jawab program HIV, Sifilis dan Hepatitis  di Puskesmas dan rumah sakit. Acara di buka oleh Kepala Seksi P2P Suku Dinas Kesehatan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yaitu dr. Arif Syaiful Haq, dengan dihadiri narasumber dari Subdi HIV dan Hepatitis Kementerian Kesehatan RI yaitu dr. Afriana Nurhalina, M.Epid dan dr. Pratono, M.Epid


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu Helatkan Sosialisasi Triple Eliminasi" ?
5 6 8 5