Ratusan Pegawai Pulau Seribu Lakukan Tes Urine


Kategori : Pemerintahan | Reporter : Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu | Editor : | 20 Aug 2019 | Dilihat : 926


...

Sebanyak 200 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kebupaten Kepulauan Seribu melakukan tes urin untuk mengecek penggunaan narkoba di kalangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD). 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Jakarta Utara, mengambil sampel urine para pegawai negeri sipil (PNS) usai Apel Rutin di Pulau Karya, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Senin (04/02/2016).

"Tes urine hari ini memang sengaja kita buat mendadak dan tidak diinformasikan kepada pegawai karena intruksi dari Gubernur DKI Jakarta agar tidak ada lagi ASN yang terindikasi kasus narkoba," Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kepulauan Seribu, Ismer Harahap, Senin (04/01/2015).

Ismer mengatakan, pengujian tersebut juga merupakan tindak lanjut dari instruksi Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama (Ahok) yang menghendaki agar PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bebas dari jeratan narkoba. 

"Harapan saya sih, hasilnya zero. Tidak ada yang mengkonsumsi barang harapan tersebut. Ini juga sebagai bukti dan pembinaan terhadap PNS di lingkungan Pemkab Kepulauan Seribu," terangnya.

Namun sambung Isemer, kegiatan pengujian urine tersebut bukan karena adanya kecurigaan terhadap PNS, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi saja dan PNS Pulau Seribu nantinya akan menjadi contoh teladan bagi para PNS-PNS lainnya bahwa PNS Pulau Seribu bebas dari narkoba.

"Tahap awal tes dilakukan sebanyak kurang lebih 200 pegawai yang melakukan tes narkoba," tuturnya.

Sementara itu, AKBP Yuanita Amelia Sari, Kepala BNN Kota Jakarta Utara mengatakan, kegiatan ini atas komitmen bersama dengan Pemkab Kepulauan Seribu dan BNN Jakarta Utara. Mengawali di tahun 2016 ini, pihaknya melaksanakan test urine dengan semangat bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bebas dari narkoba khusus PNS di Kepulauan Seribu.

"Teknisnya kita ambil sampel urine, lakukan pemeriksaan, hasilnya langsung keluar saat itu juga, dan akan kita serahkan ke Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo," tandasnya.

 

 

 

Reporter : Ahmad Zarkasih / age

 


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Ratusan Pegawai Pulau Seribu Lakukan Tes Urine " ?
7 8 2 8