Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Rampungkan Pembangunan Rumah Panggung di Pulau Sabira


Kategori : Pembangunan | Reporter : Sudin Kominfotik Kab. Adm. Kepulauan Seribu | Editor : Petrus Ardianto | 8 Dec 2022 | Dilihat : 49


...

Pembangunan rumah panggung di Pulau Sabira, RT 01 RW 03, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, telah rampung dilakukan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Bidang Pelindungan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Norviadi Setio Husodo mengatakan, proyek pembangunan rumah panggung di Pulau Sabira, Kelurahan Pulau Harapan dilakukan pada September dengan periode sekitar 60 hari kalender.

"Ya, pembangunan rumah adat suku bugis di Pulau Sabira sudah selesai sejak minggu keempat November 2022," ujarnya, Kamis (08/12/2022).

Norvi mengatakan, dibangunnya rumah panggung tersebut sebagai upaya pelestarian adat istiadat atau tradisi masyarakat yang berkembang di wilayah provinsi DKI Jakarta, khususnya di Pulau Sabira.

"Untuk anggaran pembangunan rumah panggung di Pulau Sabira, kita alokasikan dana sekitar Rp 2,1 miliar," katanya.

Sementara itu, Ketua RW 03 Pulau Sabira, Muhammad Ali Kurniawan mengatakan, pihaknya sangat antusias menyambut adanya bangunan adat di Pulau Sabira, Kelurahan Pulau Harapan, yang mana penduduk asli di pulau ini mayoritas dari Suku Bugis.

"Bangunan rumah adat itu merupakan identitas kami sebagai warga, yang denganannya tentu menjadi berbeda atau pun sama dengan yang lainnya. Dengan rumah adat ini semoga dapat mempertahankan kearifan lokal," tuturnya.

Ali mengaku, pihaknya optimis dengan adanya rumah adat yang sudah dibangun ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Sabira, pulau terjauh di Provinsi DKI Jakarta.

"Rumah adat ini juga bisa menjadi ikon di Pulau Sabira, namun agar tetap terjaga dan terawat bangunan dengan baik, Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta diharapkan secepatnya menyerahkan kepengurusan aset kepada Kabupaten Kepulauan Seribu,” tambahnya.


Berita Terbaru

Bagaimana Pendapatmu Terkait Berita Tentang "Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Rampungkan Pembangunan Rumah Panggung di Pulau Sabira" ?
9 8 2 7